Four Seasons In Belgium

by fanny hartanti

Egypt (1): Marsa Alam

Tahun ini, karena satu dan lain hal, kami memutuskan untuk skip pulang kampung ke Indonesia dan pergi ke tempat lain.
Setelah dapat restu dari Mama bulan Maret kemarin, saya mencari-cari alternatif lokasi liburan. Waktu itu pilihannya antara Croatia, Malta atau Egypt.

Kebetulan Jo dan Al belum pernah ke Afrika, jadilah kita mantap memilih Egypt alias Mesir, yang merupakan destinati yang cukup populer

Saya sudah sering denger cerita-cerita tentang beach vacation di Egypt dari beberapa kolega saya yang sering bolak-balik ke sana.
Ya sudah, makin yakin aja deh dengan pilihan ini.

Di Mesir, ada beberapa lokasi populer dengan banyak resorts: Sharm El Sheikh, Hurghada dan Marsa Alam. Opsi yang terakhirlah yang
akhirnya menang.

Rasanya lamaaaa banget ya nungguin dari bulan Maret sampai Juli… Hahaha. Untungnya kami sempat liburan singkat ke Scotland dan Ireland
serta North Ireland di bulan April dan Mei, jadi sedikit terhibur.

Tapi akhirnya hari yang ditunggu-tunggu
datang juga, tanggal 7 Juli pagi kami berangkat ke Brussels International Airport buat terbang ke Mesir.

Perjalanan Belgia – Egypt ditempuh dalam waktu sekitar 4 jam 45 menit. Kami naik SN Brussels dan dapat pesawat bergambar SMURF.
Haha… kocak deh. Buat yang gak tau, SMURF itu memang buatan orang Belgia.

Sampai di Mesir sekitar jam 18.30 malam… dan koper kami gak ada karena ketinggalan di Brussel.
Memang saat berangkat, ada masalah teknis di bandara sehingga banyak koper yang ketinggalan. Sepertinya ada belt yang rusak atau gimana sehingga sistem
penyortiran bagasi gak bisa dilakukan secara automatis. Padahal saat itu bandara penuh banget karena lagi peak season liburan musim panas. Untungnya kami sempat dibilangin petugas waktu check-in kalau ada kemungkinan keterlambatan, jadi saya sempet nyelipin beberapa baju untuk saya dan KMB. Kalau si
neng sih aman, semua bajunya tersimpan di hand lugagge, begitu juga semua baju renang, baju dalam dan perlengkapan snorkeling kami. Yang kasihan sekeluarga yang ngantri di depan kami waktu klaim bagasi. Mereka sama sekali gak bawa apa-apa kecuali 2 tas kecil
punya anaknya yang mungkin isinya cuma cemilan dan buku mewarnai

😊.
Tapi buat kami sih gak terlalu masalah, saya hanya harus beli sunscream dan odol, selebihnya kami bisa tetap santai di pantai karena semua baju renang, bikini dan snorkel gak ikut ketinggalan…

Inti liburan kali ini memang untuk bermalas-malasan. Dilema terbesar setiap hari hanya memutuskan apakah hari ini kita berenang di laut atau di
kolam renang? Leyeh-leyeh di pantai atau di hotel? Makan buffet atau ala carte? Mojito atau caipirinha? Hahaaha..

Hari pertama kami ke pantai, saya kaget banget karena baru nyemplung di kedalaman air semata kaki, udah keliatan ikan banyak banget… Dan ternyata
pantainya bukan seperti pantai yang biasa saya datangi.

Pantai di sini sangat curam karena di beberapa tempat -cuma beberapa cm dari garis
pantai- langsung daleeem banget. Mungkin sekitar 2-3 meter dari garis pantai itu kedalaman bisa di atas 5M. Di beberapa tempat malah saya gak liat dasarnya lagi saking dalamnya.

Rasanya saya gak bisa lupa betapa surprisenya saya ketika pertama kali berenang di sana.
Lautnya sangat tenang, gak ada ombak dan biruuuuu sekali. Semakin menjauhi garis pantai, semakin cantik koral dan ikan-ikannya… Setiap
berenang saya gak berhenti mengucap syukur bisa menyaksikan ini semua.

Sumpah deh. Saya bukan orang yang religius tapi saat itu saya ngerasain banget kebesaran-Nya. Selain itu rasanya nyaman banget berenang di laut sambil ngeliatin
ikan-ikan yang nggak takut sama manusia. Temperatur airnya juga perfect banget. Di beberapa tempat (yang dalam) rasanya sejuk… di tempat yang lebih cetek rasanya hangat. Jadi adem-anget-adem-anget… begitu terus.

Haduuhhh.. aku pengen balik lagi… hahaha!

Hari kedua, kami habiskan nggak jauh berbeda dari hari sebelumnya.
Cuma berenang di pantai dan kolam renang sambil leyeh-leyeh. Kebetulan kami ambil metode ‘all inclusive’ di hotel. Jadi makan, minum, ngemil
gratis sepanjang hari selama kami di sana… Nggak perlu
repot-repot keluar hotel segala.

Malamnya koper kami akhirnya sampai dengan selamat, yay!

Hari ketiga, atas permintaan si Neng kami naik kapal untuk snorkelling ke tempat lain. Kami berangkat pukul 9-10 pagi dan di perjalanan
sempat liat ikan pari dan kura-kura yang berenang. Lucu banget kepala si kura-kura timbul tenggelam gitu di tengah laut.. hahaa.

Setelah kurang lebih 20 menit di atas yacht, kami berhenti dan pindah ke rubber boat. Sampai di tengah laut (asli Di. Tengah. Laut… bukan pantai, bukan pinggiran tapi Di. Tengah. Laut ) dengan santainya sang instruktur nyuruh kita loncat. Buset..
Aku kan ngeri… tapi mo gimana lagi secara KMB dan Neng udah pada nyemplung dan berenang.

Yo wes aku ikutan loncat. Kan judulnya “if they jump, i jump” haha (padahal lebih takut ditinggal sendirian di kapal).
Kali ini kami berenang dan menikmati ikan-ikan dan terumbu karang.
Kalau yang di deket hotel sudah bagus banget, yang di sini jauuuh lebih bagus lagi….
Banyak banget ikan dan kuda laut… segala Dori dan Nemo dan entah apalagi namanya.

Setelah berenang kurang lebih satu jam, kami balik ke yacht lagi, dan makan siang di sana. Makannya sih sederhana, cuma nasi (orang
Mesir makan nasi tiap hari ternyata… aku hepi selama di sana ketemu nasi ahahaha), sayur-sayuran dingin ala greek salad dan kari daging kambing… tapi di makan di atas kapal, diiringin angin sepoi-sepoi dan pemandangan indah itu sejuta rasanya…. Setelah makan, kami
istirahat sebentar lalu pindah ke lokasi berikutnya.

Di lokasi kedua, sama seperti sebelumnya, dari Yacht, pindah ke rubber boat, lalu terjun dan berenang di tengah laut. Kali ini tujuan
kami adalah lihat kura-kura dan Dugong! Dan Alhamdulillah banget, gak lama berenang kami lihat Kura-kura besar lagi di dasar laut… Langsung deh orang-orang pada ngeliatin, dan mungkin si kura-kura bete terus mendadak dia berenang kabur. Sama juga dengan Dugong,
kami nemuin dia lagi makan di dasar laut dikelilingi ikan-ikan yang ikutan makan disekitarnya.

Terus gak lama si Dugong berenang pergi… it was such an amazing moment.

Setelah puas liat Dugong, kami dijemput lagi sama rubber boat, tapi ternyata kali ini kami gak kebagian tempat.. jadinya beberapa orang termasuk
kami bertiga mesti nunggu sampai rubber boat ngedrop yang lain dan balik lagi jemput kita. Eh belum juga 30 detik nunggu tau-tau instrukturnya bilang, ‘kita berenang aja yuk!’. Jadilah kami berenang di laut mungkin sekitar 1km. Mayan pegel sampai dijemput
rubber boat. Kirain petualangan kami hari itu cukup sampai di situ (karena udah capek juga berenang…) tapi ternyata masih ada agenda lain. Beberapa bapak-bapak yang barengan memutuskan untuk balik ke yacht sementara kami bertiga bertekad menyelesaikan semua agenda
snorkeling hari itu. Sampai di sana, grup yang sebelumnya udah nungguin kami (kalian enak, gak perlu berenang jauh yaaa), dan sang instruktur langsung menyambut. Dia langsung menyuruh saya mendekat dan menggandeng tangan saya. Kirain saya disuruh megang koral,
ternyata tau- tau.. hap… ada ikan tengil maen gigit aja! Hahahah! Gak sakit sih tapi kagetnya itu lohhhhhh…. Saya sampai njerit (di dalam air dan masker snorkle hahhahaha)

!!!

Setelah semua team berkumpul kami berenang lagi dan ngeliat lebih banyak ikan dan terumbu karang. Ada satu moment di mana kita berenang
di antara dua terumbu karang. OMG… itu rasanya ajaib ajaib gimana. Haduh.. ini saya sambil nulis sambil gakk berhenti-henti bersyukur. Pengen lagiiiii….

Kami berenang/snorkelling sampai ke yacht dan sebelum naik tau-tau si instructor nanya ke KMB apakah dia sempat liat Moray (sea eel). KMB menggeleng, lalu si instruktur ngajak dia berenang balik ke arah terumbu yang tadi. Saya ngintilin di belakang… kirain deket, ternyata jauhhh hahaha. Tapi kebayar sih liat Moray walaupun wujudnya rada-rada mengerikan…Sampai di yacht, orang-orang udah pada naik dan mengeringkan badan. Kami bertiga ikutan lalu istirahat sebentar. Eh si neng nanya boleh berenang lagi di laut gak. Akhirnya salah satu instruktur megang tangan dia buat barengan nyemplung… tapi begitu si Neng nyebur dia tetep di kapal. Hahaha… dikerjain kamu Neng! Gak lama si papa ikutan nyemplung dan instruktur yang lain langsung gandeng tangan saya dan kami loncat berdua! Manalah bisa aku nolak karena itu instruktur paling ganteng berperut 6 packs… ahahahahah!!!!

Setelah puas berenang kami naik yacht dan balik lagi ke dermaga. IT WAS THE HIGHLIGHT OF OUR VACATION!!!!!

Sumpah seruuuu banget!!!

Malamnya kami nonton World Cup bareng di kafe hotel. Ternyata banyak banget oramg Belgia di sana (juga Russia dan Ingris)

Hari keempat, kami ke Luxor… yang akan saya ceritain di postingan lain…

Hari kelima, keenam dan ketujuh, ceritanya kurang lebih sama: berenang, males-malesan dan nongkrong di patio hotel atau sesekali liat entertainment macam Columbian Dance Night dan Belly Dancing Night. Di hotel juga ada night club-nya, tapi berhubung kami sudah uzur… ya kalau malem kami bobo pules di kamar… hahahaha.

Ya udah deh, segitu aja ceritanya.

Liburan kali ini bener-bener menyenangkan dan walaupun capek secara fisik (berenang mulu…), tapi kami hepi sekali.

Satu lagi, laut di Mesir ini bener-bener cucok buat yang tukang bangun siang seperti Neng dan papanya. Karena kita gak perlu bangun subuh buat snorkelling. Setahu saya, kalau di Indo program snorkelling biasanya harus pagi-pagi karena kalau sore airnya pasang (atau surut?) dan keruh. Correct me if i’m wrong! Tapu kalau tahu tempat di indo yang bisa snorkeling tanpa harus bangun pagi… please let me know 🙂

Advertisements

One comment on “Egypt (1): Marsa Alam

1. nafsularfinda
    July 24, 2018

Ya ampun, kapankah aku ke Egypt?😩😩