Four Seasons In Belgium

by fanny hartanti

Sofanny Reading List (4)

Disclaimer sebelum mulai… I really like all these 4 books I read. Happy rasanya kalau nemu buku bagus yang ceritanya masih melekat bahkan seusai kita baca.

Pokoknya all these 4 books below are highly recommended! Plus, genre dan feel-nya beda-beda semua. Ada non fiksi buat nambah wawasan, ada chicklit, ada yang mendayu-dayu dan ada drama yang seru!!! Ayo baca semuanya, dijamin gak nyesel 😎😎😎!!!

Then Came You (Jennifer Weiner)

Ini adalah novel pertama yang saya baca dalam bahasa Belanda (Toen Kwam Je). Sengaja pinjem di perpustakaan (makanya gak ada fotonya πŸ™‚), dan pilih yang ceritanya gampang dicerna dan pakai bahasa sehari-hari. Seneng banget waktu berhasil menyelesaikan buku ini tanpa susah payah dan saya bisa tetap menikmati jalur ceritanya.

Buku ini mengisahkan tentang 4 wanita berbeda karakter yang secara kebetulan hidupnya saling bersentuhan dan mengisi. Seorang surrogate mother, seorang egg donor, seorang ibu adopsi dan seorang half sister. Jennifer Weiner seperti biasa mampu menulis cerita yang ‘cewek banget’, gampang dicerna tapi juga penuh emosi dan menarik karena tema yang tidak biasa dan diambil dari berbagai sudut pandang. Buku ini mengingatkan kita bahwa there’s always the other side of the story…

Call Me By Your Name (Andre Aciman)

Kisah cinta yang manis antara 2 lelaki berbeda usia yang mengambil back ground pedesaan Italia yang cantik. Kalimat-kalimatnya indah dan puitis. Meski saya biasanya suka males baca buku dengan bahasa yang mendayu-dayu, tapi saya sangat menikmati buku ini karena Aciman sanggup memainkan emosi yang sangat kuat antara dua karakter tokoh utamanya. Pun alur ceritanya yang pelan tapi tetap membuat saya bertahan membaca sampai akhir karena penasaran dengan nasib kisah cinta keduanya. If you like poetry, beautiful quotes and literature, i think you should give this one a try!

Everybody Lies (Seth Stephens-Davidowitz)

Ini adalah buku non fiksi yang sangat sangat sangat menarik. Menjelaskan banyak hal tentang big data dan informasi-informasi yang bikin kita garuk-garuk kepala sambil berkata “wow!” … atau ketawa cekikikan… atau nyureng dan mikir panjang.

Jadi garis besarnya, buku ini membahas informasi dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan orang di Google. Teorinya, apa yang ditanyakan di sana, itu jujur. Dalam survey atau kehidupan sehari-hari orang bisa berbohong, tapi saat mereka browsing dunia maya, mereka mencari informasi sesuai dengan minat mereka, tanpa takut dihakimi. Mulai dari issue rasisme, p0r n0 gr afi.., politik, human relations dan sebagainya. Semacam the modern version of Freakonomics gitu deh.

Buat lebih lengkapnya, coba google reviewnya deh… beneran gak boong, ini buku seru abis. (maap, saya males nulis panjang-panjang…. hahahahaha. ini niat gak sih sebenernya ngeblog?) πŸ˜‚

Everything I Never Told You (Celeste Ng)

Saya memilih buku ini karena selalu masuk dalam daftar rekomendasi dari Amazon. Plus nama penulisnya yang sangat “asia”, dan saya sempet mikir masih sodaraan sama salah satu pengarang Indonesia favorit saya, Clara Ng…. 😁.

Setelah mendownload samplenya dan jatuh cinta dengan cara menulis Celeste Ng, saya gak pikir panjang untuk membeli novel ini…. dan kemudian nyesel. Hahahaha. Apalagi setelah ngeh kalau di covernya ada sepenggal blurb yang bilang kalau novel ini bernuansa “The Lovely Bones”. Langsung buru-buru males lanjutin baca πŸ˜†…

Setelah dianggurin beberapa hari, saya tergelitik untuk nerusin baca lagi. Padahal sebelumnya saya udah memutuskan kalau buku ini akan jadi bagian dari “tumpukan” cerita yang gak akan pernah saya selesaikan. Tapi itulah dasyatnya cara bercerita Celeste Ng. Bahkan baru beberapa halaman yang sudah sempat saya baca saja, sudah sanggup bikin saya kesengsem dengan alur dan penokohannya yang kuat. Jadilah saya mengabaikan rasa takut saya dan lanjut baca buku ini lagi.

Jadi begini, buat yang belum paham kenapa saya takut duluan dan apa hubungannya dengan The Lovely Bones, kedua buku ini punya benang merah yang sama. Sama-sama menceritakan tentang seorang anak perempuan (remaja) yang meninggal dunia. Nah, ngerti kan kenapa saya ogah-ogahan bacanya?

Bedanya, Everything I Never Told You lebih fokus pada family dynamic sebelum dan sesudah kematian tersebut. Tentang seorang tiger mom yang tanpa sadar memproyeksikan mimpi-mimpi dan ambisi pribadinya yang tak tercapai ke si anak gadis, tentang seorang ayah yang selalu merasa asing dan terkucil, tentang kakak cowok yang merasa diabaikan, tentang si gadis yang merasa tertekan akibat sejuta harapan yang dibebankan dipundaknya, dan tentang si adik sensitif yang selalu diam mengamati di latar belakang.

Ceritanya bikin saya geregetan, sebel, pengen nangis, pengen puk-puk karakter-karakter di buku ini. Selain itu, buku ini bikin saya mau gak mau menanyakan gaya parenting saya sendiri. Apakah tanpa sadar saya memaksa anak untuk mengejar cita-cita saya, bukannya cita-citanya sendiri? Apakah pujian, perhatian dan kasih sayang saya bukannya memberi support tapi justru menjadi beban?

Ahhhh… pokoknya buku ini bagus banget deh! Celeste Ng langsung masuk ke jajaran penulis yang karya-karyanya bakal saya tengok lagi.

Ok, so far segini dulu. Sampai jumpa di Reading List berikutnya…

Jangan lupa kasih tau di komen buku menarik apa yg akhir-akhir ini kamu baca πŸ˜„

cheers!

Fanny

Advertisements

4 comments on “Sofanny Reading List (4)

  1. gabriella
    February 15, 2018

    Wah penasaran sama buku yg bhs belanda itu… selama ini suka males baca buku bld krn nuansanya banyak yg somber…

    Like

    • fanhar
      February 15, 2018

      ini buku terjemahan La… gue udah baca bbrp buku nya Jennifer Weiner ini jadi udah tau kira2 gaya tulisannya. buat latihan bahasa belanda aja sih sebenernya πŸ˜€

      Like

  2. nafsularfinda
    February 24, 2018

    Reading lisnya keeren2 y

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Information

This entry was posted on February 14, 2018 by in Uncategorized.

Archives

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

%d bloggers like this: