Four Seasons In Belgium

by fanny hartanti

Happy New Year

Happy New Year!!!

Semoga di tahun 2017 ini kita semua bisa menjadi versi terbaik diri sendiri, bahagia bersama orang-orang tersayang, sehat dan dilimpahi dengan kecukupan. Amin…

Tahun baru kali ini, saya dan keluarga kecil saya memilih untuk merayakannya dengan “bertigaan aja”.
Soalnya sejak saya tinggal di Belgia, acara pergantian tahun  pasti dirayakan rame-rame meski dalam lingkup rumahan. Tahun-tahun pertama bersama  keluarga besar KMB dan teman-teman dekatnya. Tahun-tahun selanjutnya dengan adik KMB dan suami beserta 3 anak mereka.

Dari dulu, saya kepingin merayakan tahun baru di “luar” sambil liat kembang api yang spektakuler. Tapi karena mikirin kasian Neng kalau malam-malam mesti jalan-jalan di keruman orang banyak, akhirnya kita selalu settled dengan pesta tahun baruan yang lebih bersifat private. Baru deh tahun ini, kita niatin jalan bareng bertiga aja. Apalagi si neng udah gede, mungkin sebentar lagi dia udah ogah ngerayain new year eve bareng ortu-nya! Accck…!!!

Jadilah sejak bulan Oktober kami mulai cari-cari ide. Tadinya saya memilih untuk ke Jerman, tapi mas bul gak mau jauh-jauh. Bagus juga, soalnya sekarang rada ngeri juga ya mau ke sana apalagi untuk event-event akbar macam begini.

Akhirnya pilihan jatuh ke Antwerp yang deket dan praktis. Lagian masak tinggal dan kerja di sini tapi gak pernah ngerayain tahun baruan di kota sendiri?
Jadilah tanggal 31 Desember sore kami naik kereta ke Antwerp dan menginap di Hilton Hotel. Kebetulan kami juga dapet access ke executive lounge-nya, jadi setelah istirahat di kamar sebentar kami naik ke lantai 5 dan duduk-duduk sambil minum-minum cantik sekalian ngemil di sana. Mumpung gratis, haha 🙂

Pelayannya mirip Jimmy Fallon hihi

Di lounge lumayan ramai juga dengan pengunjung yang siap merayakan tahun baru. Beberapa tampil super-chic dengan gaun atau suit lengkap, tapi sebagian lagi tampil lebih casual. Seneng deh liatnya! Apalagi yang dandan abis justru yang nenek-nenek dan kakek-kakek. Yang muda-muda justru tampil lebih cuek. Yang jelas,  semua orang terlihat excited menunggu pergantian tahun.
Sekitar pukul delapan malam, kami balik ke kamar lagi lalu sejam kemudian kita keluar hotel buat makan malam. Sebenarnya kita semua udah kenyang sih karena kebanyakan ngemil, tapi karena udah rencana jadi kita tetep lanjut deh.
Resto pilihan kali ini adalah pizzeria yang lumayan ngetop di Antwerp dan cuma sekitar 15 kali jalan kayang dari hotel (itu kalau mau, kalau mau jalan kaki biasa mah sekitar 3 menit deh :)). Saking bekennya kedai italia ini, mereka sampai punya dua tempat yang berhadapan. Pas kami sampai, kedua resto penuuh banget sampai banyak yang  ngantri di luar. Buset…

Untungnya saya liat beberapa orang keluar dari resto yang satu jadi kami langsung buru-buru ke sana. Tapi ternyata tetep aja mesti nunggu sampai dapet meja kosong. Bagus kami gak laper-laper banget haaha!

Kelar makan dan asli kekenyangan, kami jalan-jalan di Grote Market kemudian menyusuri sungai menuju tempat kembang api. Di setiap penjuru saya lihat banyaaaaaak banget polisi dan tentara dengan senapan mesin panjang yang bertugas. Beberapa pengunjung juga diperiksa atau diminta menunjukan isi tas mereka. Sebagian jalan ditutup untuk kendaraan dan dipasangi beton segala. Maklum ya, akhir-akhir ini banyak kasus teror di Eropa, jadi penjagaan ektra ketat memang mesti dilakukan terutama untuk acara-acara massal begini. Tadinya kita pikir juga bakal sepi karena banyak orang yang takut dan memilih untuk menghindari keramain, tapi ternyata sebagian besar dari kita menolak takut dan memutuskan untuk keep living and enjoying our lives! Jadinya tetep aja rameeee banget.

Di salah satu area di pinggir sungai, sudah ada podium dengan DJ dan musik yang menghentak, siap menyambut pengunjung. Setelah muter-muter,kami menemukan posisi yang enak untuk menunggu tahun berganti. Saat itu baru jam 22.45 artinya masih satu jam lebih lagi menunggu. Boooo… dinginnyaaaaaa!

Mendekati jam 00.00, semakin banyak orang berdatangan dan makin penuh sesak bagusnya gak ada tuh yang namanya dorong-dorongan. Polisi, tentara dan petugas juga terlihat semakin banyak mondar-mandir mengawasi. Ada yang jalan kaki, naik sepeda, naik motor bahkan dengan speed boat segala !
Gak lama saya tanya sama KMB, “nanti kembang apinya di sebelah mana sih?” KMB menjawab dengan muka heran, “Lah, ya itu dari kapal di depan kamu! Kan memang dinyalainnya dari atas kapal setiap tahun!”
Ealaaaahhh… saya gak tahu! Hahaha! Ternyata kapal yaang nongkrong di sungai paaaas di depan saya itu memang khusus buat kembang api! Hahahaa!
Wah langsung hepi banget karena posisi kami strategis! Gak taunya KMB memang sengaja milih tempat itu buat mangkal.. kirain mah asal ada tempat kosong doang! Hahaa!

Pas jam 00… mulaihah ‘pesta kembang api’ selama 20 menit. Gak sia-sia deh nunggu sejam lebih, kedinginan dalam cuaca minus. Untungnya lokasi kami pewe banget karena malem itu sangat berkabut dan banyak pengunjung yang berada lebih dari 500m, katanya gak bisa liat kembang api. Kaciaaaan…

Begitu fireworks-nya selesai, langsung deh semua orang balik badan buat pulang atau lanjut ke acaranya masing-masing. Jalanan sampai macet berat penuh dengan orang yang berbondong-bondong jalan kaki.
Sampai di hotel si neng dan papanya nonton tv, sementara saya mah langsung bobo pules. Umur gak boong hahaha!

Besoknya, setelah sarapan dan mandi kami cabut dari hotel jam 1 siang. Suhu masih di bawah 0, bahkan sepertinya lebih dingin dari kemarin. Pas keluar rasanya kayak ditampar sama angin dingin sampai muka rasanya nyut-nyutan, hahaha.
Jadilah kiat ngupi-ngupi dulu di Starbucks sambil nunggu kereta. Sampai di rumah istirahat sebentar trus lanjut pesta lagi dengan keluarga KMB. Capek banget rasanya, tapi hati senang dan yang paling penting, perut kenyang! 🙂 🙂 🙂