Four Seasons In Belgium

by fanny hartanti

Lisbon 1

Sama seperti waktu kelas 5 kemarin, tahun ini sekolah Alyssa ngadain acara yang namanya Bos Klas atau “kelas hutan” alias selama 5 hari anak-anak dan beberapa guru nginep di pegunungan, dan belajar di alam.

bos klas

Begitu tanggal acara ditetapkan, saya dan Jo langsung sibuk cari tiket buat pacaran. Woohoo! :))

Kalau tahun lalu kami ke Budapest, maka sekarang pilihannya jatuh ke Lisbon. Udah lamaaaa banget saya dan Jo pengen ke sini. Tapi ya gitu, entah kenapa ada aja alasannya sehingga kunjungan ke kota ini selalu tertunda dan malah digantiin dengan destinasi lain. Makanya ketika akhirnya jadi juga nyampe Portugal, rasanya seneng banget!

Sebelumnya sempet rada deg-degan karena penerbangan kita tgl 19 April, nyaris sebulan sesudah pemboman di bandara. Situasi bandara masih kacau balau, banyak penerbangan yang di cancel, dan security yang jauh lebih streng. Untungnya pas di hari H-nya semua lancar. Saya dan Jo yang memang sengaja datang jauh lebih awal malah kepagian datengnya dan sempet ngupi-ngupi dulu di Starbucks.

Penerbangan Brussel-Lisbon sekitar 3 jam doang dan beda waktunya 1 jam lebih lambat. Begitu turun pesawat… Saya liat KFC dan langsung merengek minta makan dulu hihihi. Mewah banget deh bisa makan KFC :))
Setelah kenyang, kita langsung melenggang ke arrival hall dan ikut antri bus ke city centre. Praktis banget jjs berdua KMB, nggak bawa koper dan santai kayak di pantai gak pake background suara-suara ngomel “mama akhu capheeeekkk…. Udah sampe belom..” Yang diulang 7363829 kali!!! :))

Ternyata airport di Lisbon gak terlalu jauh dari city centre. Gak sampe 30 menit kami sudah sampai di tempat pemberhentian: Marques de Pombal. Dari halte kami jalan kaki 5 menit ke hotel tapi sayangnya karena masih kepagian, kami belum bisa checked-in, jadi ya udah kita jalan-jalan aja di deket situ.

Saya sama Jo itu bukan tipe orang yang doyan bikin itinerary atau browsing tujuan liburan. Pokoknya tugas saya cuman cari tiket murah dan hotel dengan review yang bagus. Selebihnya, we like to be surprised by the city/country itself. Karena itu saya seneng banget begitu tau kalau lokasi hotel saya strategis banget dan deket dengan obyek wisata. Belok kanan udah jalanan dengan pertokoan dan old city centre dan banyak banget yang bisa di liat.

Jadilah sore itu kita jalan-jalan santai sambil menikmati kota. Ternyata Lisbon itu bagusssssssss banget. It is not a big, extravagant city like Paris or Barcelona or Rome, but it is charming, cosy and beautiful in its own way. Susah deh jelasinnya… Pokoknya suka bangettt!!!

Kontur kota yang berbukit bikin kita harus naik-turun dan menurut saya ini yang bikin Lisbon jadi indah karena sudut pandangnya yang menarik. Bangunan-bangunannya juga bagus. Sebenernya sih kebanyakan cuma toko atau apartemen biasa, tapi karena dindingnya di cat warna-warni atau pakai tegel kunci, kalau dilihat keseluruhan jadi super cantik.

Siang itu saya dan Jo bener-bener cuma jalan-jalan and getting lost. We didn’t know where we were going, we had no plan at all makanya dikit-dikit terkejut kalau liat sesuatu yang bagus banget dan berbeda.

Sekitar pukul 4 sore kami balik ke hotel lagi untuk check in dan istirahat sebentar (soalnya tadi pagi bangunnya pagi-pagi buta), lalu beberapa jam kemudian kami keluar lagi untuk makan malam di deket hotel.
Kali ini kita pergi ke Brazillian restaurant yang cuma 15 menit jalan kaki (tapi jalannya nanjaaaaakkkkkkk ampe pegel). Eh begitu sampe ternyata restonya belum buka hahhaah! Ya udah kita jalan-jalan lagi di sekitar situ dan ketemu taman yang nyaman di mana banyak penghuni yang duduk-duduk di kafe taman sambil dengerin musik). Rumah di situ juga lucu-lucu banget!

Jam 19.00 akhirnya restonya buka dan kita jadi pengunjungpertama yang masuk! Duluuuu banget, Jo pernah biztrip ke Brazil dan dia ditraktir makan ala cachaçaria gitu. Dia sukaaaaa banget dan menurut dia itu makanan paling enak yang pernah dia rasain dan selalu cerita berulang-ulang!
Jadi sistemnya itu kayak buffet, boleh makan sepuasnya. Ambil lauk dan sayur mayur di meja prasmanan, nah tapi nanti pelayannya bergantian ke meja bawa berbagai macam daging bbq trus diiris di meja. Emang sih enak banget dan kenyang abisss! Untung jalanan pulangnya turunan jadi tinggal nggelinding sampe hotel hahahaha!!!!

Bersambung…

4 comments on “Lisbon 1

1. nocilmcday
    April 29, 2016

Selalu kagum, liat jalanan yang bersih tanpa sampah. Btw cerita Alyssa lagi dong mba Fanny, kangen liat foto imutnya. Hehe

• fanhar
      May 1, 2016

Haha anaknya udah gak mau fotonya dipasang di sosmed🙂 udah gedeeehijiju