Four Seasons In Belgium

by fanny hartanti

weekend in the ardennes (luxembourg and belgium)

Awal bulan ini, saya ngomong ke KMB kalau saya pengen jalan-jalan, liat yang ijo-ijo dan menghirup udara segar. Nginep semalam di mana gitu lah, semacam liburan singkat buat refreshing. Sayangnya kami lumayan sibuk di awal bulan, banyak undangan yang harus dihadiri, jadi terpaksa rencana ini diundur sampai tanggal 22 Agustus kemarin. Kebetulan, si Neng lagi diajak keluarga tantenya kemping. Jadi saya dan KMB bebas berduaan. yayyy!

Sehari sebelum berangkat, saya sempet deg-degan kalau acara yang sudah ditunggu-tunggu ini bakal batal. Soalnya di hari Jumat itu saya bangun dengan kepala tengeng. Kakuuu banget. Buat gerak sakit, jangankan buat nengok, dipakai napas aja nyut-nyutan. Saking sakitnya saya memutuskan buat gak ngantor dan kerja dari rumah. Sorenya saya ke dokter dan kinesist (semacam chiropractor atau physiotherapist). Setelah dipijet dan ‘krek-krekin’, keesokan harinya kondisi saya udah lumayan dan bisa gerak tanpa kesakitan.
Jam 10 pagi kami berangkat naik mobil ke suatu desa kecil di Luxemburg bernama Esch-Sur-Sûre. Desa ini terletak persis di pengkolan sungai Sûre, sehingga bentuknya nyaris bundar dan dikelilingi oleh sungai dan bukit hijau. Di tengah desa terdapat bukit dengan 2 menara. Saking mininya desa ini, mungkin bisa dikitari dengan jalan kaki 10 menit haha. Pokoknya kemana-mana mentok. Saya yakin tetangga-tetangga di sini bosan dengan muka mereka sendiri. Lu lagi lu lagi.. pasti begitu mikirnya kalau ketemuan di tengah jalan.

Oya, perjalanannya sendiri lumayan singkat, cuma 2 jam dan tentunya sebagian besar dihiasi pemandangan indah ala pegunungan.Begitu nyampe jam 12, kami makan siang sebentar terus mimi-mimi cantik di teras hotel lalu check in. Setelah itu kami jalan-jalan mengitari desa dan bukit disekelilingnya, ditutup dengan ngobrol dipinggir sungai.

Malamnya kami makan malam di restauran hotel yang enaaaaaaak banget. Saya pesan scampi and mushrooms in garlic creamed sauce with wild rice. Seriously it was one of the best meal I have ever had in an restaurant. Mengalahkan nasi padang atau nasi uduk, pokoknya!

Keesokan harinya, setelah sarapan kami check out dan cabut ke kota kecil bernama Wiltz, masih Luxembourg juga. Kota ini juga mungil dan cantik, dengan kontur yang berbukit-bukit, jadi lumayan pegel naik turun🙂

Sekitar 1 jam keliling Wiltz, kami pergi ke Bastogne yang berada di Belgia. Tapi ternyata kota ini biasa aja, gak terlalu cantik, cuma ada museum perang dunia 2 (daerah Ardennes ini memang memegang peran penting saat WWII, mungkin karena letaknya strategis banget di perbatasan 4 negara ya (Prancis, Jerman, Belgia, Luxembourg).
Bosen di bastogne kami meluncur ke La Roche (Belgium). Setiap kali ngommongin soal Ardennen, si Jo sering banget nyebut-nyebut kota ini karena waktu kecil dia pernah ke sini dan dia suka banget sama La Roche, tapi entah kenapa kami belum pernah ke sini. Begitu memasuki tempat ini, baru deh saya ngeh kenapa Jo terkesan dengan kota ini. Emang cantiiiik banget, dengan sungai, bukit, kastil dan city squares yang penuh dengan kafe-kafe dan resto. Sayangnya kami gak bisa lama-lama di sana karena hari sudah sore dan mendung, diramalkan bakal hujan deras. Jadilah kita pulang sambil janji next time bakal ke La Roche lagi!

Note. Ardennes according to wikipedia (edited) is a region of extensive forests, rough terrain, rolling hills and ridges formed by the geological features of the Ardennes mountain
Primarily in Belgium, Luxembourg but stretching into Germany and France

6 comments on “weekend in the ardennes (luxembourg and belgium)

1. -n-
    August 26, 2015

Deskripsi Esch-Sur-Sure ini kok mengingatkan aku akan setting serial TV Wayward Pines🙂

• fanhar

Ih aku malah belum pernah nonton. Serem ya? Eh bagus sih kl udah nonton malah horor kemaren kl ke sana heheh

• -n-
        August 26, 2015

Mendebarkan! Suamiku sih yg suka. Aku tak suka kalo kudu nonton serial tipi trs deg2an , trs kudu nunggu minggu depannya buat the next episod, hehehe.

• fanhar

Ah bener, aku suka sengaja gak nonton trus nunggu dvdnya aja biar sekalian marathon 😁

2. nyonyasepatu

Bayangan pohon2 di air itu bagus banget🙂

• fanhar

Auu makasih Noni. Akhirnya ada yg ngeh.. Hehehe Iya aku suka foto bayangan di air