Four Seasons In Belgium

by fanny hartanti

Packing Lust!

You know I love traveling but do you also know that I love packing? hehehe!

Buat saya, semua persiapan sebelum bepergian itu merupakan bagian dari traveling itu sendiri. Jadi harus dinikmati!

Mulai dari mikirin destinasi liburan, bikin rencana perjalanan, cari-cari hotel, browsing tiket murah, sampai mikirin pake baju apa nanti di sana dan bikin daftar apa saja yang mau di bawa, merupakan nikmat tersendiri buat saya.

Biasanya kalau udah fix mau ke suatu tempat, dari jauh-jauh hari saya udah ngayal mau pake baju apa dan tas apa yang cocok jadi padanannya. Saking semangatnya, kadang otak saya penuh dengan semua kemungkinan padu padan dan supaya gak lupa saya menuangkan semuanya ke dalam satu packing lust eh list yang kadang dibuat sebulan sebelumnya! Ahahah.. (Rekor saya adalah packing 2 minggu sebelum berangkat semua sudah masuk koper!)

  Bikin daftar dan packing dari jauh-jauh hari ini juga ngebantu banget urusan cucian, soalnya saya jadi yakin kalau baju yang mau dibawa udah bersih dan wangi dan gak bakal kepake sebelum pergi. 

Lalu apakah dengan begini semua perlengkapan yang saya butuhkan selama perjalanan dijamin lengkap? Ya enggak juga sih ahahah! Masih ada aja yang ketinggalan. Paling sering sih, sisir dan make up remover. Pernah juga, lupa gak bawa pensil alis.. Ini musibah banget deh! Jadinya sekarang saya punya satu beauty case yang udah komplit isinya, penuh dengan alat make up standard, sisir, cleansing balm, dll ready to go!

Walaupun  terkesan rapih dan matang, tapi saya tetap berusaha minimalis kalau pergi supaya gak keberatan bawaan. Baju kebanyakan mix and match, atau kombinasi layers supaya bisa menyesuaikan dengan cuaca. Sepatu pun harus yang nyaman. 

Seperti yang saya sebut di atas, saya bukan ahli dalam hal packing karena masih sering kelupaan bawa barang tertentu, tapi kalau mau tahu gimana saya biasa ngepak koper, ini tips dari saya:

  • Kalau mau berganti-ganti kendaraan umum selama di tempat tujuan, pastikan jangan bawa terlalu banyak barang. Cek juga apakah lebih nyaman bawa 2 koper kecil atau 1 koper besar. 
  • Bawa beberapa baju tipis yang bisa dipakai berlapis-lapis buat saya lebih nyaman dan praktis dibanding baju tebal. Layering is the key!
  • Kenakan baju/sepatu terberat supaya beban koper lebih ringan 
  • Beberapa airport memiliki batas berat maksimal untuk 1 tas/koper. Contohnya Belgia, berat 1 tas maksimal 30 kilo, jadi walaupun kamu punya jatah 40 kilo, sebaiknya dibagi 2 tas karena kalau keberatan, kulinya gak mau/gak boleh angkut! Sebaliknya ada juga perusahaan transportasi yang membatasi jumlah dan ukuran tas. Better check first than sorry!
  • Bawa syal buat selimut, atau handuk tipis yang juga bisa digunakan untuk leyeh leyeh piknik di taman/airport
  • Bawa obat-obatan ringan, charger, adapter jika perlu
  • Cek perkiraan cuaca, bawa payung atau jaket/coat  jika perlu
  • Selalu bawa satu set extra baju dan pakaian dalam
  • Kalau naik pesawat, biasanya saya selalu bawa  paling tidak satu set baju untuk tiap anggota keluarga di koper/tas yang dibawa ke cabin, sebagai cadangan kalau-kalau kopernya nyasar atau telat tibanya.
  • Kalau pergi ke negara yang beda colokan listriknya, bawalah multiplug. Dengan begini kamu cuma butuh 1 -2 adaptor tapi tetep bisa pakai beberapa colokan listrik sekaligus, gak perlu beli banyak-banyak adapter.
  • Menurut saya ada baiknya juga invest in good packing cube (saya rekomendasi dari Muji) dan vacuum packing bag. Yang terakhir ini berguna banget kalau kamu mesti bawa barang yang bulky macam handuk atau coat yang tebal!

      

    • Always bring extra bag(s) karena menurut pengalaman saya sepertinya barang-barang itu ngembang volumenya sepulang liburan😉 that way packing cubes atau vacuum packing bags become extra handy to have!

      
    Last but not least…

    • Dont forget your sunnies and bold lipsticks! They’ll instantly make you look fab and glam in the pictures walaupun sebenernya kamu kucel, lusuh dan dekil!

      

    Oke itu dulu dari saya! Please share your tips in the comments below yawwww! 😁


    6 comments on “Packing Lust!

    1. fibenewyork
      May 20, 2015

      Kalau aku, selalu over packing😦 tapi sekarang mikirnya, selama masih di North America, masih bisa beli kalau ada keperluan. Terus mikir juga, kalau beberapa hari misalnya ngak ada lotion tangan kesayangan aku, I will be ok hehe.. Aku tuh ngak cocok banget untuk berpergian gaya backpackers karena bawaannya segambreng. Belum lagi belanjanya🙂

      • fanhar
        May 20, 2015

        Kannnn? Makanya perlu banget bawa extra bags hahaha!
        Aku langganan banget itu ke drugstores/body shop/supermarket buat beli toiletries yg ketinggalan hehehe

    2. veronica5277
      May 21, 2015

      Aku juga tipe yang kalo mau pergi dah mikir bawa baju berapa, sampai aku susun sesuai jadwal mana yang mau dipakai duluan… kirain lebay, ternyata ada temannya juga ya? Tapi sebisa mungkin gak mau bawa banyak meski anakku banyak. Kayak januari kemarin ke malang bawa 5 anak, sukses dong packing baju bisa dipadatkan di 2 koper kecil tuk pergi 2 hari, yeayyyy

    3. diandiw
      May 21, 2015

      Bawa tissue kering dan basah juga penting, aplg kalau untuk urusan ke toilet. Hahahaa. Dan bold lipstick itu bener bgt ya mba, mau lecek kaya gmn langsung on begitu pake lipstick 😄

      • fanhar
        May 21, 2015

        Iyaaa sama hand sanitizer, tapi ini sih gak traveling juga aku udah bawa heheh

    4. arikurniati
      September 27, 2015

      Mbak Fanny,

      Aku baru nemu blognya 2 hari lalu, lumayan udah ngelahap setengah isi blog ini (masih fokus di topik seputaran Belgia)

      Eniwey baswey blong ini ngebantuuuuuuuu banget buat aku yang mo hijrah kesono bulan depan and bawa anak2 juga.

      Ntar klo aku udah sampe sana ketemuan ya mba klo mba ga sibuk, biar aku ga ngerasa sebatang kara gitu😦

      Aku berangkat tanggal 1 besok, anak2 nyusul Februari.

      See you soon! Jangan marah klo aku bakal bawel nanya ini itu ya mbak :p

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    Information

    This entry was posted on May 20, 2015 by in jalan-jalan.

    Archives

    Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

    %d bloggers like this: