Four Seasons In Belgium

by fanny hartanti

#WhenInLondon 1

Sebenarnya sudah  sejak lama saya kepingin ke London. Apalagi jaraknya deket banget dengan Belgia, tinggal nyebrang laut, hop, sampe deh! Sayangnya Inggris gak termasuk barisan negara Schengen, artinya saya yang punya paspor ijo ini harus bikin visa dulu kalau mau ke sana. Nah inilah yang bikin saya males dan menunda-nunda. Ribet banget kayaknya, cuma mo ke London aja pake mesti urus-urus dokumen dulu. Apalagi saya alergi banget berurusan dengan birokrasi. Pokoknya kalau bisa dihindari mending dihindari deh!

Namun lama-lama, keinginan saya ke London makin besar. Setelah sukses ngurus visa US tahun lalu, saya meniatkan diri untuk ke London tahun ini. Tapi nyaris saja tekad saya ini hampiiir gagal maning gara-gara saya kehilangan paspor tahun lalu. Sudah kenyang rasanya ngurus birokrasi waktu itu, saya gak mau lagi ngadepin urusan dokumen dalam jangka waktu dekat. Hanya saja kok rugi rasanya menggantungkan impian cuma gara-gara males dan trauma dengan birokrasi. Akhirnya saya meniatkan diri untuk ngurus visa (yang sebenernya gampang banget, tapi namanya orang udah phobia, bawaannya udah stres duluan hahaha).

Setelah visa di tangan, saya mulai booking akomodasi dan transportasi. Sebenernya sebelum bikin visa saya sudah browsing tapi ya belum berani konfirmasi kan. Yang nyebelin saya jadi nyadar kalau saya terpaksa beli tiket yang jauh lebih mahal gara-gara kelewat harga promo. Ugh, sakiiitnya tuh di sini *unjuk dada* hahaha!!!

Perjalanan dari Belgia ke Inggris bisa ditempuh dengan 3 cara; naik mobil lalu nyebrang dengan ferry, naik pesawat terbang, dan naik kereta Eurostar. Tiket pesawat terbang biasanya lebih murah dari tiket kereta, tapi karena saya sudah kehabisan harga promo, maka jatuhnya sama saja dengan naik kereta. Akhirnya kami pilih naik kereta, supaya bisa ngerasain rasanya naik Eurostar ke London!

Hari Rabu 13 May, saya dan Jo cuti sementara si Neng sekolah setengah hari. Begitu si Neng pulang dan selesai makan siang, kami langsung cabut ke Brussel dan naik kereta jam 16.56. Di stasiun, setelah melewati security dan imigrasi kami langsung masuk kereta dan cuss.. berangkat ke London via Lille, Prancis.

Perjalanan ditempuh dalam kurun waktu 2 jam tepat, termasuk 20 menit melalui chunnel (channel tunnel), terowongan bawah laut yang menghubungkan Prancis dengan Inggris. Kami sampai sekitar jam 18 waktu London, tepatnya di St. Pancras station.

Karena sudah beli visitor oyster card (salah satu jenis kartu yang berlaku untuk sistem trarnsportasi di sana), kami langsung naik ‘tube’ (subway) dan nyambung bis buat menuju hotel.

Satu hal tentang London: it’s bloody expensive! Hahaha! Apalagi kami ke sana saat peak, karena pas long weekend sehingga London penuh dengan turis dan harga hotel semakin gila-gilaan.. jadinya saya memilih hotel yang sedikit jauh dari central. But worry not, kota ini punya sistem transportasi publik yang bagus banget.. kami gak pernah harus menunggu terlalu lama untuk subways / bus. Walaupun, ya gitu.. transportasinya lumayan mahal juga. Sebagai perbandingan, waktu saya di NY, kami cuma harus bayar USD 25/orang (sekitar Rp. 330rb)  buat beli metro card yang berlaku selama 7 hari, boleh naik metro keliling NY sampai bosen. Di London, kami menghabiskan nyaris £40/orang (sekitar Rp. 800rb) untuk 5 hari, itu pun karena hotel kami ada di zone 3, kalau lebih jauh lagi maka kami harus bayar lebih mahal lagi.

Begitu sampai di hotel, karena sudah malam kami nggak sempet ke mana-mana lagi. Jadinya cuma makan malam terus langsung nemenin Alyssa berenang (yang mana anaknya girang banget, jauh-jauh ke London dia cuma mau berenang di hotel… pffttt :)).

Hari kedua di London, hujan turun seharian. Untungnya saya sudah prepared, karena sudah memantau perkiraan cuaca dan pengertian lah namanya juga London yang cuacanya sebelas duabelas sama Belgia. Rainy and Grey. Hahaha!

Karena itu kami sudah membekali diri dengan payung, jas hujan dan itinerary yang cocok untuk cuaca basah: shopping!

Jadilah hari itu kami melipir ke National Museum, keliling Oxford dan Bond streets dan mampir ke Selfridges khusus buat beli Charlotte Tilburry lipstick yang saya udah kepingin dari tahun lalu saat produknya baru released dan niat pokoknya harus beli ini kalau ke London, hehehe.

Setelah itu kami pergi ke Covent Garden karena Neng kepingin makan di Shake Shack dan ngemil macaroon-nya Laduree. Habis itu kami ke Harrods, departement store mewah di London yang penuh banget dan beberapa konter designer bags sampe harus ngantri 20 menit..

Malamnya pulang ke hotel, berenang sama Neng trus dinner di resto hotel karena udah males ke mana-mana..

Hari ketiga, menurut perkiraan cuaca London bakal cerah ceria dan hangat. Kenyataannya mendung dan berangin dan saya jadi salah kostum hehehe. Mana tujuan kami hari ini adalah melihat Tower Bridge di pinggir sungai pula! Jadilah tambah dingin.. Dari sana, kami menuju Palace of Wetsminster, foto-foto sama Big Ben, ngelewatin London Eye  trus karena sudah jam makan siang kami langsung mencari Nando’s terdekat buat maksi. Yummmm enak bangettts..

Begitu perut kenyang, kami memutuskan untuk leyeh-leyeh di taman sebentar lalu liat-liat Buckingham Palace. Habis itu kami pergi ke King Cross station platform 9 3/4 to catch the train to Hogwarts🙂

Di situ udah banyak yang antri buat foto-foto, tapi gak lama. Ada mbak-mbak yang jaga dan ngarahin gaya dan kameraman. Kostum juga boleh pinjem gratis macamm syal, kacamata, tongkat sihir, dsb. Pas giliran saya, belum sempet si mbak ngasih aba-aba, saya udah berpose loncat-loncat, lenggak lenggok dsb sampai si mbak komentar ‘well, she’s not the shy type, isnt she?” mhuahaha!!

Setelah itu baru deh kami pulang ke hotel dan seperti biasa lanjut berenang lalu makan malam. Capek euy seharian muterin London!!!

Kesan dan Pesan:

1. I love this city. I can see my self living here. It’s big, it’s a metropolitan, it reminds me of NY but a lot less crowded, stuffy and less intimidating. I feel safe here. Mungkin karena masih Eropa ya hihihi!

2. Orangnya baik-baik, ramah dan sopan. Beda dengan tipikal penduduk kota besar yang biasanya individualis. I’m impressed.

3. Surga belanja seandainya saja Poundsterling melemah ahahaha!

To Be Continued: Day 4 (best day!) and 5 in London…

10 comments on “#WhenInLondon 1

1. bebe'
    May 19, 2015

Haaaaah.. aku pun sama mbaaa. Mau ke London ga jadi2 karena kepentok visa.. sakitnya tuh disini *tunjuk hati* ahahaha

May 20, 2015

Bangettt.. Tapi sebenernya gampang loh Be. Gratis pula! Hahaha. Sok atuh laksanakan😉

2. Pingback: #WhenInLondon 2 | Four Seasons In Belgium

3. thearizkia
    May 20, 2015

Aaarghhh jadi pengen ke london lagi nih gara2 baca postingan lo fan. Eman london asik banget. I prefer London to Paris for another revisiting.

• fanhar

Yuuup. London is not as beautiful but something about it makes you want to stay there or revisit ya Thea!

4. Ochie Putri

Ahhh mb fanny..
    I envy you! Huahahaha.. London is one of my bucket list.. Moga2 ada rejeki buat kesana.. Aamiin..

Aku sukaaa bgt semua foto2 mb fanny & family pas lg liburan ke london yg mb fanny upload di IG..🙂

Aminnnn Ochie.. Ikut ngedoain semoga kamu bisa ke sana juga! Makasih yaaa 😘😘😘

5. yuni

Wuaa thanks for sharing, mbak fanny! Booth telp merahnya lucuu, trus yg platform 3/4 nya juga bikin mupeng ^_^

May 20, 2015

Sama-sama Yuniii🙂 semoga kamu bisa ke sini juga dan semoga aku bisa balik lagi buat ikut harry potter studio tour. Doain ya!

6. $ Jessska $ (@ptitmme)
    May 21, 2015

hi fanny, boleh sharing di blog cara apply visa ke UK? saya di belgi juga, terima kasih