Four Seasons In Belgium

by fanny hartanti

tips traveling hemat

Travel is the only thing you buy that makes you richer…

Peribahasa di atas plus prinsip: You Only Live Once jadi jangan kayak orang susah, biasanya jadi pedoman sekaligus pembenaran saya sebelum booking tiket dan hotel untuk liburan. Yak, berpergian memang butuh ongkos, tapi kalau kita jeli cari-cari promo tiket atau hotel murah, bisa kok jalan-jalan nyaman tanpa ngabisin tabungan seumur hidup.
Berikut ini cara-cara saya buat menekan biaya traveling keluarga.

Transportasi
cari tiket murah, promo hotel, paket wisata, semua bisa di dapat dari internet. Kuncinya adalah rajin-rajin berselancar di dunia maya. Untuk tiket pesawat, biasanya saya cari dulu di momondo.com atau skyscanner.com untuk dapet bayangan airlines mana yang terbang di jalur yang saya cari. Setelah dapat nama maskapainya, saya cek langsung di website mereka. Selain itu saya juga cari maskapai penerbangan negara yang dituju. Misalnya mau pergi ke Roma, Italy maka saya cek maskapai alitalia. Nggak lupa, budget airlines juga mesti ditengok. Yang terkenal di Eropa : Ryanair, Easyjet, Wizz Air. Untuk Asia : coba Airasia, Lion Air, Citilink. Untuk US ada Jetblue.
Jangan lupa cek biaya totalnya seperti ongkos bagasi, ongkos dari airport ke pusat kota (beberapa budget airlines biasanya mendarat di airport yang berbeda dibanding non budget), dll

Di Eropa, ongkos kereta bisa jadi lebih mahal dibanding ongkos pesawat. Kalau naik mobil, perhatikan juga biaya bensin, parkir dan tol yang harganya bisa melambung tinggi. Don’t underestimate these costs karena bedanya dengan Indo jauh banget. Parkir 24 jam di beberapa kota besar di Europe bisa sekitar 20-50 Euro (up to 750rb/day)!

Akomodasi
Soal hotel, saya biasa cek booking.com agoda atau accorhotels.com. Selain harga, perhatikan juga review dari
pengunjung lain. Saya biasa cari hotel dengan review di atas 8. Percuma bayar murah kalau busuk! Apalagi kalau traveling bareng keluarga dan bawa anak kecil, factor keamanan, kebersihan dan kenyamanan penting sekali buat kami.

Kalau mau lebih baur dengan the locals, Airbnb juga bisa jadi alternatif, seperti yang pernah saya tulis di sini.
Untuk yang travel tanpa anak dan berjiwa petualang, bisa juga check couchsurfing atau hostels.

Jangan lupa perhatikan lokasi penginapan.
Hotel yang jauh dari pusat kota mungkin lebih murah tapi apakah kamu butuh ongkos tambahan ?
Beberapa hotel juga menawarkan harga lebih bersahabat tanpa sarapan. Kalau kamu gak biasa sarapan seperti kami, atau lebih milih bangun siang, this might be a good option. Bisa juga bekel roti atau popmie, lebih ‘Indoneisia’ dan irit!
Intinya, think before you book !

IMG_2774.PNG
Sarapan indomie di apartemen saat liburan di Prague

Waktu liburan
kalau bisa hindari masa liburan atau peak season karena harga-harga pasti melambung tinggi. Harga untuk penerbangan yang sama di hari dan jam penerbangan yang berbeda pun bisa berbeda jauh. Saya pernah irit 6 juta rupiah lebih hanya dengan mengambil waktu penerbangan yang beda sehari. Resikonya ya mesti bolos 1 hari haha.
Bandingan juga total harga hotel + penerbangan. Kadang tambah nginep 1 malam dan ambil penerbangan pagi keesokan hari masih lebih murah jatuhnya dibanding ikut penerbangan malam sebelumnya.

Getting around
public transport biasanya lebih murah dari pada taxi atau sewa mobil. Buat saya pribadi, menaklukan sistem public transport di suatu kota/negara terasa jauh lebih menantang dibanding kemana-mana naik mobil/taksi. You also blend with the locals. Cek sistemnya, bandingkan harganya. Beli tiket terusan biasanya juga jauh lebih murah. Tapi ya itu, lagi-lagi semua tergantung kebutuhan dan preferensi si pelancong. Kalau pergi rame-rame, naik taksi jatuhnya malah bisa lebih murah.

Paket wisata
kalau sudah yakin dengan jadwal dan apa yang mau dilihat selama perjalanan, beli paket wisata di internet jauh lebih murah dibanding beli di spotnya langsung. Contohnya waktu saya pergi ke America, saya beli New York Card via internet yang untuk 5 aktivitas yang bisa dilakukan di sana. Lumayan hemat deh.

Makanan
kami bukan tipe yang suka kulineran kalau liburan karena saya lebih suka menghabiskan waktu dengan jalan-jalan keliling kota dari pada cari resto hits, nyasar, antri atau tau-tau begitu sampe restonya tutup trus gak sesuai ekspektasi haha. Makanya kami biasanya cari resto fast food ngetop, kelebihannya : harga standar, kualitas standar, gak perlu bingung kasih tips, resiko alergi atau keracunan makanan kecil, dan cepat (paling penting !). Selain resto franchise beken, kami juga seringnya mampir supermarket, beli ready to eat salad atau sandwich terus di makan sambil piknik di taman. Bisa juga beli makanan yang tinggal diangetin atau gampang dimasak macam pasta, terus dimakan di apartemen (kalau kami nginep di apartemen dengan dapur). Terjamin, (lumayan) sehat dan irit !
Yang terpenting, hindari makan di daerah turis, kalau kepepet cari resto yang rame dan tanyakan harganya dulu (plus tax, service dsb) supaya gak kena kibul.

IMG_2772.PNG
Piknik di Geneva

Tukar uang
saya biasa ambil uang di ATM, biasanya nilai tukarnya jauh lebih bagus dibanding money changer. Tapi cek dulu dengan kebijakan bank masing-masing.

IMG_2773.PNG

Oleh-oleh dan belanja
ini lupakan saja ! selain ngabisin duit, juga ngabisin waktu yang jauh lebih mendingan dipakai buat menyusuri kota. Shopping bisa dilakukan di mana saja, kapan saja. Tapi jalan-jalan di kota asing, belum tentu. So spend your time and money wisely, hihihi!

Communications
Jangan lupa set roaming off di smartphone supaya gak kebobolan bayar tagihan telpon sepulang liburan. Cari penginapan dan tempat makan dengan free wifi. Di beberapa tempat;, taman kota, bus dan kereta api pun menyediakan wifi gratis. Manfaatin!

Frequent flyer miles / hotel points

banyak perusahaan penerbangan atau chain hotels yang menawarkan keanggotan gratis dan manfaat yang lumayan untuk membernya. Saya udah pernah menikmati tiket pp belgium – indonesia – belgium gratis dari suatu maskapai penerbangan. Pernah juga dikirimin tas Fossil, fitbit, burberry sunglasses dan parfum gratis juga dari program frequent flyer yang sama. Pernah juga nginep gratis di hotel gara-gara rajin ngumpulin points setiap nginep di chain hotels mereka. Lumayan bangettttt kan?

Gratisan
Manfaatkan gratisan macam subway map atau city map yang bisa didapat di hotel, stasiun atau tourist info desk. Beberapa museum juga membebaskan biaya masuk di hari-hari tertentu (tapi biasanya pengunjung membludak).
Kenali juga tradisi setempat. Contohnya di Milan, kalau beli minuman di kafe pas happy hour boleh ambil buffet gratis. Jadinya pas saya ke Milan, gak pernah bayar makan malam, cukup beli minum trus makan cemilan dari buffet sampai kenyang, ahahaha !

Ok, so far itu dulu deh tips dari saya. Intinya memang harus rajin-rajin browsing dan punya sedikit jiwa petualang.
Gimana dengan kamu? Share dong tipsnya di komen ..
Thanks in advance and happy travelling!

4 comments on “tips traveling hemat

  1. adhyasahib
    March 21, 2015

    informasinya bermanfaat sekali,bisa diterapkan untuk yang pengen travelling hemat,terima kasih🙂

  2. Ochie Putri
    March 23, 2015

    Ahhh ini yg selalu aku lakukan klo mau liburan mb..

    Oia akupun sblm booking hotel pasti liat review di tripadvisor dan biasanya review disitu jujur.. Hehe

    Btw, indomie dan popmie is a must buat dibawa jalan2.. Just in case ga nemu makanan yg bisa dimakan (baca: ga halal) hehe..

    Mudah2an kita selalu ada rejeki untuk traveling ya mb.. Aamiin..🙂

    Thanks for sharing mb fanny.

    • fanhar
      March 23, 2015

      Amin Ochie!!! Bucket list-nya kemana aja nih?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 21, 2015 by in jalan-jalan.

Archives

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

%d bloggers like this: