Four Seasons In Belgium

by fanny hartanti

USA TRIP 3: Boston

Salah satu kota di Amerika yang namanya familiar buat saya sejak dulu adalah Boston. Kenapa? Karena New Kids On The Block asalnya dari Boston. Jadi dari kecil saya suka bertanya-tanya kayak gimana sih bentuknya Boston. hehehe.
Buat yang gak tau siapa itu New Kids, errrr… ke laut aja sanah!!!🙂

Hihihi, gak ding.
Gak tau juga kenapa pilih Boston. Yang jelas waktu merncanakan trip ke Amrik, New York dan Washington jadi agenda utama. Saat memilih kota ketiga, kami bimbang antara Philadelphia atau Boston (kami memang konsentrasi di daerah east coast, rencananya 2 tahun lagi baru ke West Coast (Aminnn.. doain yaaaa :))
Akhirnya kami memilih Boston karena katanya this city has the most European feeling compared to other cities in Europe.

Day 1
Kami terbang dari Ronald Reagan Washington National Airport ke Logan Airport, Boston kurang lebih selama 1 jam dua puluh menit.
Dari sana kami naik taksi ke Cambridge, tempat kami bakal menginap.
Seperti yang sudah diceritakan sebelumnya, kami menyewa sebuah master bedroom di kediaman penduduk via airbnb. Saat kami tiba, pemilik rumah sudah menunggu kami. Dia ngedeprok di teras rumah sambil ngetik di laptopnya.
Saat kami dipersilahkan masuk, tiba-tiba ada anak kecil pirang berambut panjang nongol sambil nyengir. Langsung deh Alyssa kenalan. Gak lama kami beristirahat di kamar sementara si Neng main di bawah sama si anak kecil. Happy bener si neng karena selama hampir 2 minggu dia gak main sama anak seumurannya. Makanya begitu ketemu langsung heboh. Pake acara manggang kue bareng segala!
Sore menjelang malam, kami jalan-jalan ke daerah Harvard Square yang cuma 10 menit jalan kaki dari rumah.
Di hari pertama ini, saya langsung jatuh cinta dengan Boston dan Cambridge. There’s something about this city that makes you feel good, relax and … hmmm apa ya..pokoknya nyaman aja!!!
Oya, karena nginep di daerah Kampus Harvard, langsung deh saya gunakan kesempatan baik-baik buat mendoktrinasi si neng buat kuliah di sini nantinya. Neng langsung setuju.. sampai.. tiba-tiba dia mikir kalau kuliah di Harvard artinya harus pinter banget dan rajin belajar. Trus tiba-tiba mukanya males begitu.. hehehe.. gimana sih nenggggg!!!!

Day 2
Hari ini saya ikutan Freedom Trail Run. Saya bangun tepat pukul 7 lalu siap-siap san cabut ke subway station buat naik T (metro-nya Boston) red line ke Park Station. Ini pertama kali saya naik subway di Boston, sendirian pula. Tapi cuek lah, kalau di NY (dan di negara lain) aja berani sendiri kok..
Ternyata seruuuuu banget ikut Freedom Trail Run. Jadi belajar banyak sejarah Amerika. Rutenya melintasi gedung-gedung terkenal dannnn banyak kuburan!!!! Setelah lari kami dapet minum dan kaos gratis, lalu naik ferry. Pulangnya saya sempet nyasar sebentar hahaha..
Balik ke rumah, langsung mandi dan sarapan, dan siapa jalan-jalan sama Jo dan Al. Eh ujaaann!!!! Deressss banget. Huhuhu.. langsung sedih dong. Apalagi waktu kita di Boston cuma sebentar, kalau ujan kan gak bisa kemana-mana. Akhirnya Jo lari menerobos hujan ke Harvard Square buat beli payung. Nyaris sejam kemudian dia balik bawa 3 payung setelah cari kebeberapa toko sold out semua. Dannnnn… ujannya berhenti dong. hehehehe. Ngeselin gak sih🙂
Jadilah kita jalan ke Harvard T station, naik subway ke Kendall/MIT station trus dari situ nyambung naik trolley tour hop on hop off muter-muter Boston.
Saat muter-muter ini lah saya makin cinta sama kota ini. Memang gak ada atraksi turis yang benar-benar menarik di sini, tapi kotanya secara keseluruhan cantik dan nyaman banget. Terkadang, saat pergi ke suatu kota, saya gak cuma menikmati ‘penampilan’ kota tersebut tapi juga merasakan atmosfernya. Dan di Boston, saya bisa merasakan suasana tersebut. Jo dan Al juga merasakan hal yang sama.

Day 3
Hari ketiga lagi-lagi diawali dengan hujan! huhuhu.
Tapi untungnya, menjelang siang hujan berhenti dan cuaca kembali cerah.
Kami kembali berjalan kaki melintasi Harvard Yard menuju subway station, lalu naik T ke Kendall/MIT station buat naik Trolley Tour lagi.
Kemudian kami pergi ke Boston Tea Party Museum, yang lumayan seru juga karena di sini kita mesti sedikit role play dan bener-bener di bawa ke era di mana Boston Tea Party berlangsung. Pertama kami di bawa ke ruang rapat dimana kami merencanakan pemberontakan terhadap tentara Ingris. Lalu kami berjalan menuju kapal dan membuang teh ke laut. Kemudian tour guide kami bertanya: Siapa yang tahu kenapa kita membuang teh ke laut?
Pengunjung terdiam. Tiba-tiba ada anak kecil menyeruak maju sambil angkat tangan, berdiri di depan si guide lalu menjawab dengan lantang’ karena mereka lebih suka kopi.
Ya ampun nengggg… hihihihi
Ini anaknya siapa sih.
Hahaha, tapi kagum juga euy si neng berani jawab mana pake bahasa ingris pula. hahahahah
(ps. yang pengen baca lebih lanjut soal boston tea party, cek di
sini ya)

Day 4
Ini hari terakhir kami di Boston😦
Kami pergi makan siang di Harvard Square lagi dan cuma jalan-jalan di sekitar situ sebelum akhirnya berangkat ke airport.
Sejak hari pertama, kami selalu mondar-mandir antara Harvard Square dan kampus Harvard dan setiap kami lewat, banyaaaaaaaakkkkk banget rombongan turis Jepang/Cina baik rombongan anak-anak yang keliatan masih SMP-SMA sampai ibu bapak mereka. Saya sampai bingung, mereka ngapain ya? Apa sama-sama doktrinasi sejak dini macem yang saya lakukan sama al? hihihi. Tapi serius deh, asli banyak dan kadang terlihat dalam satu rombongan si anak mesti gantian presentasi gitu. Trus kadang, si ibu dan bapak yang dandan-nya rapihhh macem mau ke pesta.
Ah entahlah, yang jelas di hari terakhir ini kami memutuskan untuk pergi ke airport naik subway. Sampai di sana, ternyata airportnya kecil, gak banyak duty free dan anehnya kami gak harus melewati imigrasi. Tau-tau udah boarding aja dan bye bye Amerika. Sampai jumpa (moga-moga) dua tahun lagi yaaa…🙂

4 comments on “USA TRIP 3: Boston

1. dhira rahman
    August 3, 2014

Amin!
    In sya Allah nanti neng Al kuliah d Harvard ya..
    Aku baca dari ceritanya anggi juga suka banget ama boston! Fani fotonya keren2 pulaaa

• fanhar
      August 3, 2014

amin, makasih di doain🙂
      iya dhir, kmrn pas di boston jg mikirnya “pantes anggi betah dan seneng banget di sini, kotanya nyaman banget. banyak taman, fasilitas, sungai/laut, sekolah bagus tapi gak bising”

2. nyonyasepatu
    August 4, 2014

amin…semoga kesampean doa2nya yaa🙂

• fanhar

auu dibantuin doa. makasih yaaaa noni🙂