Four Seasons In Belgium

by fanny hartanti

Days Without Sweetness

Halah judulnya…
Ahahah.
Sebenernya saya cuma mau cerita tentang hari-hari terakhir ini di mana saya menghindari konsumsi yang mengandung gandum (grains), gula (sugar), produk susu (dairy products), biji-bijian (legumes) dan segala makanan yang mengadung pengawet atau pemanis buatan dll.
Artinya, saya TIDAK memakan nasi, pasta, roti, cupcake, martabak, junk food, kue, keripik, deep fried food, tempe, yoghurt, cereal, kopi susu atau teh manis. dkk.
Selama 60 hari.

SAY WHAAAATTT?

Yup, saya memang menjalani program whole30.
Jadi inti dari program itu sebenernya adalah mengembalikan pola makan kita dan ‘memprogram ulang’ metabolisme tubuh kita dengan tidak memakan makanan yang saya sebut di atas selama 30 hari. Tapi karena saya kompetitip, jadinya saya bablas ngejalanin selama 60 hari. ahahaha.
Yang kepingin tahu lebih jelas silahkan klik link di bawah ya..

Pertanyaan yang paling banyak saya terima saat menjelaskan ke orang kalau saya ‘puasa’ beberapa jenis makanan selama waktu tertentu adalah: loh jadi kamu makan apa dong fan?
Dan jawaban saya simpel. Saya makan sayur, buah, telur dan daging/ikan. Saya minum air putih, sparkling water, infused water, fresh juice, air kelapa atau kopi/teh tawar.
Iya, sesederhana itu. Tanpa MSG, tanpa gula atau pemanis buatan, tanpa zat kimia.

Jujur aja, tadinya saya paling anti ‘berdiet’ dengan mengeliminasi jenis makanan tertentu. Prinsip saya dulunya ‘semua gak apa-apa di makan/diminum asal gak kebanyakan’.
Tapi sekarang pola pikir itu saya ubah menjadi ‘apa bener tubuh saya perlu makan ini? apa ada efek negatif/positifnya? baik langsung atau tidak langsung?’
Contohnya kalau mau minum diet soda. Iya sih dia gak bikin gendut karena kalorinya bisa dibilang hampir gak ada. Tapi apa diet soda itu sehat? Pemanis buatannya, bener alami? jangan-jangan ada efek sampingnya? Trus, walaupun dia gak bikin gendut, tapi dia bikin kita makin kepengen makan yang manis-manis terus kan? jadi ya udah, minum air putih aja lah.. kasih lemon dikit biar seger…
gitu kira-kira.

Jadi ya memang intinya saya menjalani program ini karena tergoda dengan janji sehatnya. dan ya gak boong juga sih, saya kepengen dapet bonus langsingnya juga.. hihihi.
Pengakuan beberapa orang yang sukses ikut program ini luar biasa menggiurkan. gak cuma bikin badan langsing, tapi juga energi level yang meningkat pesat, kulit yang cerah, reaksi alergi yang jauh berkurang, berbagai gejala penyakit berkurang atau malah sembuh total, pencernaan lancar, tidur lebih nyenyak dsb.
Siapa yang gak kepingin?????

Trus, susah nggak ngejalaninnya?
Well, let me tell you something!
It is NOT as difficult as i initially thought.
Lagian, kalau susah banget, ya saya gak mungkin extend sampe 2 bulan. ya kan?
Dan semakin hari, semakin mudah juga menahan diri dari godaan.
Saya juga masih bisa nongkrong sama temen-temen atau keluarga. Dan saya sekarang juga bisa santai ngobrol minum teh tanpa gula sementara mereka melahap makanan di depan saya.
Iya sih, kadang masih ada rasa kepingin, tapi di satu sisi, program ini jadi semacam tantangan buat saya. Ada saat di mana saya udah gak mikirin langsing atau sehat tapi cuma ada rasa kekeuh bertahan karena saya gak mau ‘kalah’ sama si godaan di depan mata. ahaha.
yeah, i can be that stubborn.

Lalu apa efeknya di badan saya?
Jujur, saya gak ngerasa efeknya sebombastis orang-orang lain.
Tapi ya, setiap orang memang beda ya. Dan gak semua masalah kesehatan bisa ‘disembuhkan’ dengan perubahan gaya hidup.
TAPI… biarpun saya cuma turun 3 kilo dan persentase lemak yang berkurang 3%, lucunya saya dapet banyak komplimen dari orang-orang yang bilang saya terlihat jauuuh lebih langsing. Padahal, biasanya turun sampai 5 kilopun belum tentu banyak yang nyadar loh (ini kejadian nyata, dan emang katanya normally you need to lose at least 5 kilo before people start noticing).
Kalau kata temen saya, 3 kilo yang hilang itu semuanya dari lemak perut, makanya saya keliatan jauh lebih singset. ahahahaha.
yah namanya dipuji, saya mah seneng aja lah!!!

Saya juga merasa lebih sehat, gak kembung dan sebah serta ‘in control’
Indra pengecap saya juga jadi lebih bisa menghargai rasa makanan yang simpel, gak kebanyakan diproses dan dibumbuin.
Tumis sayur dengan bawang garam dan lada aja rasanya udah enak banget!
Sebaliknya, saya jadi sensitif dengan yang manis-manis. Pernah saya pesan fresh orange juice di resto dan gak abis karena menurut saya kemanisan! makan pisang kematengan juga udah berasa manis banget. padahal gak ditambah gula loh itu..
yah moga-moga lifestyle macem begini bisa dipertahankan ya. Jujur saya penasaran apakah saya masih bakal doyan makan kue atau bakal enek karena kemanisan. hmmm.. we’ll see.

Saya juga jadi rajin masak dan membaca label makanan. kaget rasanya liat makanan mengandung gula di mana-mana. bahkan makanan yang gak manis atau makanan ‘sehat’ sekalipun. cari salad dressing yang gak mengandung gula aja setengah mati rasanya. akhirnya saya cuma makan salad dengan olive oil atau perasan jeruk lemon dan dried spices. mayones botolan aja ada gulanya loh! bumbu instant, sambel atau daging asap aja juga ada gulanya!

orang belgia punya istilah ‘leren eten’ atau kalau diterjemahin artinya ‘belajar makan’. intinya mereka percaya selera makan itu bisa dibentuk atau ‘dipelajari’. dan saya percaya 100 persen.
Dulu, saya gak gitu doyan kue kue macem tart, pastries, cakes.. tapi karena di sini selalu disuguhin, saya makan dikit demi dikit… lama-lama nagih. dari kepaksa dengan alasan sopan santun, lama-lama jadi butuh dan berasa kurang kalau habis dinner gak ada dessert-nya. makanya sekarang saya mencoba untuk ‘outlearn’ it. kalau dari gak suka bisa jadi suka, maka harusnya bisa juga dibalik dari suka jadi gak suka. ya kan?

selesai menjalani program ini, tentunya ada rasa bangga. hey i did it!
tapi sekarang pertanyaanya, gimana cara mempertahankan? mengurangi gula, gluten, karbo dan berusaha makan sealami dan sesehat mungkin setiap hari.
gak ada lagi kasih reward ke diri sendiri dengan junk food..
gak balik ke kebiasaan lama…
dan sesekali rutin menjalani program ini lagi untuk menjaga disiplin.

yah moga-moga saya bisa ngejalaninnya ya temans.
afterall, i owe it to myself, my family dan gusti Allah.
i gotta stay healthy, that’s my responsibility!

20140531-084138.jpg
“berbuka puasa” di Geneva. my first carbs in 2 months: panini with tuna, tomatoes and mozarella

some useful links:
more about whole30 http://whole30.com/new/
why you cant eat certain type of food?
http://whole9life.com/category/manifesto-series/

5 comments on “Days Without Sweetness

  1. gabriella
    June 2, 2014

    Kereeeen! Gw udah nunggu2 nih elo nulis ttg ini. Gw tertarik buat ngejalanin ini, udah smpt dua hari tp nyerah krn sakit kepala parah dan kurang persiapan kyknya… ntar kl mo mulai lg gw tanya2 ke elo ya….

    • fanhar
      June 2, 2014

      hahaha.. nunggu programnya selesai dulu La, baru ditulis. malu kalau udah ditulis tapi ternyata ‘gak lulus’.
      emang katanya minggu pertama yang paling berat La. buat yang gak biasa, bisa parah efeknya.
      saran gue, sebelum mulai lo coba clean eating dulu 1-2 minggu dan kurangi gula (hindari cemilan dan minum manis). baru seteah itu puasa total.
      sip2 silahkan kalau mo nanya2.. kalau ada barengannya lebih sukses biasanya🙂

  2. ceritaikha
    June 2, 2014

    aku juga lagi jalanin puasa yang bener lagi, ngikut sunah puasa senin kemis, tapi juga dibenerin makanan yang dibuat sahur dan berbuka lebih banyakin sayur dan buah, no gorengan, no pemanis, dan malah badan jadi enteng banget sekarang dan jadi lebih sabar….

    • fanhar
      June 2, 2014

      wih keren ikha.. lanjutkan🙂
      emang berasa banget ya, kalau kita jaga asupan makan dan kesehatan, badan pun berasa enak. tamnah olahraga Kha, biar makin manteb🙂

      • ceritaikha
        June 3, 2014

        Iyaaa begitu maakan yg gak bener dikit badan langsung protes, pengen lari cuma kondisi perumahan kurang mendukung, tar aja abis ini pindah rumah sebelahan sama GOR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 2, 2014 by in bla bla bla, sosporty.

Archives

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

%d bloggers like this: