Four Seasons In Belgium

by fanny hartanti

Switzerland Day 1: Geneva

Sekitar akhir February saya tanya Kang Mas Bul dia mau dikadoin apa pas ultah. Ultahnya sih baru bulan Juni tapi karena saya istri yang baik hati, jadi dari jauh-jauh hari udah mempersiapkan hari istimewa tersebut! Ceileee..
Kebetulan banget, seminggu sebelum ultah (8 juni) tanggal 29 May kan libur nasional dan kantornya Jo sekalian tutup hari Jumatnya.. artinya kita bisa ber loooong weekend.
Makanya saya usul kita jalan-jalan aja sebagai hadiah ultah. Mas Bul pun setuju.
Tapiiiiiiiii… supaya surprise, maka mas bul gak boleh tau kemana tujuan liburan kita. Pokoknya dia tinggal manut! Saya cuma meminta mas bul untuk memilih 5 negara di Eropa yang pengen dia kunjungi. Itupun saya gak janji bakal pilih negara yang dia sebut… hahahaha.

Saya lupa dia milih apa aja, tapi pokoknya ada Swiss di daftar. Saya pun langsung booking pesawat ke Geneva. Dan selama berbulan-bulan, saya dan neng jaga rahasia. Sebenernya rada deg-degan juga neng bakal ember, tapi untungnya dia malah lupa. pernah sih dia keceplosan bilang mau ke ‘Jenever’ sama bapaknya. Btw, jenever itu minuman alkohol buatan Belgia… ahahaha… mirip ya ama Geneva. Untungnya bapaknya gak ngeh.

Beberapa hari sebelum pergi, saya hampirrrrr keceplosan bilang ‘yeah, when we go to S….’
Upssss!!! nyaris aja!
Si Jo nebak Swedia dan saya iyain ajah ahahahhaha.
Baru pas sampai airport di boarding room dia liat screen tujuan pesawat… dan langsung mukanya begini:

ahahahahah!!!! ketipu nih yeeeeeeee…..

Kami berangkat pagi-pagi ke airport dan sampai di Geneva juga masih pagi bener jam 10-an. Semua yang mendarat di Geneva berhak mendapat tiket transportasi publik gratis yang berlaku selama 80 menit. Tiket ini bisa di dapat di mesin yang ada di bagian bagage claim. Tapi kalau kamu ngingep di hotel, banyak juga hotel yang ada fasilitas shuttle gratis ke airport. Jadi tinggal ikutin petunjuk ‘hotel shuttle’ dan tunggu sampai ada minibus bertuliskan nama hotel tujuan.
Sampai hotel pun, tamu akan mendapatkan tiket transportasi gratis selama dia menginap.
Tiket ini bisa dipakai untuk naik bus atau metro di sini.

Untungnya di hotel kami bisa langsung check in. Setelah istirahat sebentar, kami keluar buat jalan-jalan sekalian cari makan siang. Dan seperti biasa, namanya hari pertama pasti bingung cari tempat makan. Akhirnya kami memutuskan makan di satu cafe pinggir danau Geneva. Selesai makan, pas bayar kok ihhh mahal bener. Tadinya kami pikir oh ini harga turis, namanya juga makan di kafe pinggir danau… eh ternyata harga segitu emang normal.
saat kami ke mc donalds dan starbucks sesudahnya, baru deh ngeh kalau negara ini emang serba mahal. bahkan untuk kami yang terbiasa dengan harga-harga di Belgia yang biasanya lebih mahal dari negara tetangga macam Prancis, Belanda, Jerman..
Pas jalan-jalan lebih jauh, keliatan banget ini negara ‘kaya’. Soalnya selain harga-harga yang mahal, banyak banget mobil mewah macam Ferrari, Lamborghini, Maserati, dkk dan mobil antik yang masih terawat di segala penjuru kota. Apalagi cuaca cerah banget hari itu jadi kayaknya banyak yang jalan-jalan sore pakai convertible mereka.

Seperti biasa, turis males macam kamipun memutuskan untuk ikut bus tur biar gampang bisa lewat semua tourist trap. hahahah.
Perjalanan selama sejam lebih tersebut melewati gedung-gedung terkenal macam kantor pusat PBB, UNESCO, UNICEF, palang merah dsb.
Selesai puter-puter pakai bus kali jalan-jalan di sekitar danau dan pusat kota.
Geneva ini kecil tapi cantik..

ini foto-fotonya…

swiss franc atau CHF. 1 CHF = 0.8 Eur atau sekitar 13 ribu rupiah.

kantor pusat palang merah

kantor pusat PBB

a broken chair, di depan kantor PBB yang melambangkan perdamaian dan penolakan pada ranjau darat

jet d’eau – salah satu landmark paling populer di Geneva

mobil antik dan mewah di setiap penjuru kota

menuju ‘old town’ in Geneva

salah satu bangunan di daerah kota tua

santai bertiga di old town square

17 comments on “Switzerland Day 1: Geneva

1. Cantik ya kotanya. Enjoy your holiday mbak Fan🙂

May 31, 2014

iya anggi. cantik, bersih dan mahallll ahahha. gak berani lama-lama deh di sini… :))

2. ceritaikha

celananya keren motifnya *salah fokus*🙂

May 31, 2014

ahahaha ikha bisa aja. celananya siapa nih, neng al apa aku?

• ceritaikha

dua duaanya……. *sambilhisterislebay*

• fanhar

hahaha.. bukannya di indo lebih banyak justru yang motif lucu2 yaaa.
          aku malah lagi pengen celana mmotif ikat/batik

• ceritaikha
            June 3, 2014

Motif ikat iyaa banyak saking banyaknya jadi bingung

3. bebe'

Mau kesana jugaaa..

Btw soal ngasih kadonya.. Jadi pingin nyontek juga deh mba. Lumayan buat kado suami ultah ke 30 nanti kali yaa *mulai nabung deh* hahaha

ayo menabungggg hehhehe..
      iya swiss ini cantik deh, sayang gak sempet ke gunungnya. kalau bisa seminggu lebih be.. emang kapan ultahnya?

• bebe'
        May 31, 2014

Kalo ke 30 sih untungnya masih lama mba. Masih 2 tahunan lagi.. Tapi pas ditanya kota mana yg dia pingin datengin, dia bilang London.. Hiks.. Istrinya musti ngurus visa dulu ke stockholm begimana ceritanya *nangis guling2*

• fanhar

hahaha iya bee.. aku jg blon pernah ke sana karena males urus visa…
          moga-moga tahun depan bisa. amin.
          stay di schengen aja paling gampang emang :))

4. dhira rahman
    June 1, 2014

Fan errr…. poto terakhir siapa yg jepret? Keren isssh!

• sondangrp
      June 2, 2014

Iya akupun komen begitu cakeeeep

aduhhh makasih, jadi tersipu2 deh gue🙂

June 2, 2014

yang jepret ibu2 yang gue mintain tolong.
      fotonya mah biasa tapi gue edit pake picfx app. yak coba cari di appstore dijamin puas🙂

5. sondangrp
    June 2, 2014

Hahhahahaha ternyata emaknya juga hampir ember ya di saat saat terakhir pula itu. Keren ih ngasih surprise begitu hihihi