Four Seasons In Belgium

by fanny hartanti

Spanish Lesson

Seperti biasa, kalau saya lagi excited sama sesuatu, bawaannya heboh. Diomongin di mana-mana, ditulis di setiap media sosial yang saya punya, dibahas sampai yang ngedengerin/ngebaca pada bosen.

Nah, my current excitement saat ini adalah.. bahasa spanyol!!!

20130913-184721.jpg

Sebenernya udah lama saya kepingin belajar bahasa baru.
Tapi ya itu, alasan klasik yang sering cari-cari: gak punya waktu.
(Kasian banget deh si ‘waktu’, salah apa sih dia sampai selalu jadi kambing hitam dan disalahin orang-orang pemales macam saya…)

Beberapa waktu yang lalu, kalau gak salah bulan Mei, saya ngobrol-ngobrol sama pak bos. Kebetulan saya memang megang trade yang mengharuskan saya untuk berhubungan dengan orang-orang di America Latin yang berbahasa Spanyol, dan saat itu pak bos nanya: kamu gak tertarik buat belajar bahasanya?

Gara-gara ditantangin begitu, api yang selama ini sudah membara di hatiku jadi semakin berkobar #apeuu
Saya mulai cari-cari informasi, dan ternyata ada kelas bahasa spanyol di dekat rumah (tempat kursus bahasa belanda dulu) yang menawarkan les 1 kali seminggu tiap kamis jam 19 sampai 21.40. ideal lah yah, Cuma sekali seminggu. Dan harusnya fun, bisa belajar sesuatu yang baru, bisa kenalan sama orang-orang baru.. dan syukur-syukur, jadi nambah bisa satu bahasa lagi. Kan keren, kalau bisa 4 bahasa (indonesia, inggris, belanda, spanyol). Ya walaupun mungkin gak perfect, tapi paling gak bisa ngobrolah.. ya kan??

Setelah minta ijin sama KMB, ternyata diapun mendukung 100 persen. Yo wes, sok atuh.
Kebetulan biaya belajarpun gak mahal-mahal amat.
Just FYI aja yah,, siapa tahu mau ngebandingin sama tempat kamu tinggal, biaya 1 tahun itu Eur 150 + buku Eur 68. jadi total Eur 218 (IDR 3 jt) untuk satu tahun.
TAPI… pemerintah Belgia juga bisa kasih keringanan. Untuk kasus saya, karena saya pegawai, maka saya bisa minta voucher khusus sehingga saya hanya harus bayar 50 persen dari biaya total. Lumayan banget kannnn???
Totalnya sih kalau mo ngikutin terus, bisa sampai 6 tahun.. tapi ya, mari kita lihat sampai seberapa jauh saya mau belajar🙂

Hari Kamis tgl 12 sept kemarin adalah hari pertama les. Ternyata banyak juga yang tertarik belajar bahasa ini, karena ada 30 orang lebih yang mendaftar sehingga kelasnya dipecah jadi 2 kelas… Daaannn saya kebagian dapet guru yang lumayan ganteng! Huahahahah

Berhubung hari pertama, jadi belum banyak yang dipelajari, cuma pembagian kelas, tur singkat di sekolah buat nunjukin evacuation route in case of fire, letak toilet, kantin, ruang komputer, dan petunjuk-petunjuk praktis lainnya. Habis gitu kita mulai dengan perkenalan dan masing-masing harus nyebutin alasan kenapa tertarik belajar bahasa spanyol.
Pas giliran saya, saya bilang kepingin belajar bahasa ini karena saya udah muak belajar bahasa belanda. Mhuahahaha. Pada bengong semua, terus ketawa cekikikan. Ahahha.
Kebanyakan temen sekelas saya pengen belajar karena suka dengan bahasanya dan karena mereka memang sering liburan ke Spanyol atau America Latin. Ada juga beberapa yang sudah cukup ‘sepuh’. Malahan ada satu ibu-ibu setengah baya yang ngaku kalau dia emang pengen belajar bahasa lain untuk melatih otaknya yang sudah terasa mulai pikun. Salut ih. Moga-moga kalau udah ‘tua’ saya juga masih punya semangat yang sama ya dalam menjaga kesehatan fisik dan mental. Amiiinnn…

Setelah perkenalan, kami mulai belajar alfabet… Dan pengucapannya.
Halah ternyata spanish itu lumayan ribet ye. Jadi beberapa huruf itu cara pengucapannya beda tergantung letaknya di suatu kata. Misalnya huruf ‘C’, kalau letaknya sebelum huruf ‘a, u atau o’ maka dibacanya seperti ‘K’. Contoh cuba, dibaca kuba. Tapi kalau sebelum huruf ‘e atau i’ maka dibaca kayak s. Contoh cinco, dibaca singko. Dan sebagainya. Pusying dehhh. Moga-moga bisa inget semua aturannya…Hihihi

Mana si bapak guru ngajarin cepet banget dan aku kan udah gak biasa jadi murid yak, jadi kelabakan gitu antara ngedengerin, ngafalin, sambil nyatet secepet kilat. Begitu ngebaca ulang catetan, baru nyadar kok ini catetannya sembarangan banget. Campur ada bahasa spanyol, belanda, inggris dan indo. Ahahaha. Macem udah canggih aja!!!

20130913-191319.jpg

Tapi gak papa… Kebetulan di kantor banyak yang bisa bahasa spanyol. Temen deket saya di sana pun seorang native speaker, dan yang satu lagi juga lagi kursus. Jadi harusnya sih banyak yang bisa diajakin latihan ngobrol nantinya.
Udah gitu kalau kata temen saya yang orang latin, saya udah punya ‘feel’ ke bahasa ini. Dia pernah nyuruh saya baca buku berbahasa spanyol, dan saya nekad aja baca semaunya.. Ternyata menurut dia pengucapan dan aksen saya udah lumayan bagus. Dia sampai bengong.. Padahal sumpah saya sama sekali gak ngerti isi bacaannya. Huahahha.
Jadi ya saya gak mau terlalu pusing. Pokoknya pake metoda yang sama aja waktu saya belajar bahasa Belanda dan Inggris. Pake feeling dan banyak-banyakin latihan dan jangan takut salah.. Itu aja sih.

Anyway, so far sih saya seneng banget udah memutuskan buat belajar lagi. Kadang, kita kebanyakan mikir.. Takut gak sempet, takut kecapekan, takut gak bisa, takut ini itu…
Padahal sebenernya, cukup cari informasi terus mantepin hati dan coba dijabanin dulu.
Insya Allah ada jalannya. One step at a time.
And hopefully this time, my steps will lead me to a new skill, new friends, new adventures.

Amiiinnnn…

Kalau kamu, tertarik pengen belajar apa?

9 comments on “Spanish Lesson

  1. Dwi
    September 13, 2013

    dulu sempet belajar bahasa cina…abis itu punya anak jadi, eeeenggg…nggak ada waktu *alesan*

    hebaaattt, sempet olahraga dan belajar bahasa, thumbs up…

    • fanhar
      September 14, 2013

      Dwi… Ntar kalau anaknya udah gedean pasti bisa deh curi2 waktu.
      Gue orangnya bosenan, jadi mesti rajin2 cari aktivitas baru biar semangat dan gak kejebak rutinitas.

  2. nilla.wulandari
    September 14, 2013

    Kalo Aq mbak Fanny pengen belajar bahasa perancis….habis kedengeran romantis gitu ….apalagi pas suamiku lagi ngomong pake bahasa ini dengan suara baritone nya …he…he…he

    • fanhar
      September 14, 2013

      Iyaaa bahasa prancis itu romantis ya.
      KMB pernah terima telpon trus dia jawab pake bahasa prancis. Asa keren bangettt.. Pas ditanya ternyata cuma salah sambung itu orang sebenernya mo nelpon tukang taksi. Ahahahaha… :))

  3. Sitha
    September 14, 2013

    Holà, Dora…😀 Dulu sebenernya pingin belajar bhs Spanyol, Fan. Tp krn kerja di perusahaan Perancis, jadinya aku ambil french deh. Pas ada karyawan yg bakal dikirim ke Spain, aku yg nyariin guru privat & ngurus segalanya. Pak gurunya order buku2 pelajaran langsung dr Spain. Pas dia mau reimburse biaya buku via aku, aku sempat lihat2 tuh semua buku. Dan itu bikin aku pingin lagi belajar bhs Spanyol. Udah niat foto copy (dasar, haeheh…) semua buku (plus CD-nya), tapi krn masing2 sibuk, sampai si karyawan berangkat ke Spain, ngga sempat difotocopy deh…😦

    Selamat belajar ya, Fan!

    • fanhar
      September 14, 2013

      Sitha.. Sama2 lo juga lagi belajar peancis lagi kan???
      Harusnya prancis spanish mirip2 shit. Seneng ya back to school lagi, walaupun dalam kasus gue cuma les sebenernya.. Hihihi

  4. dhira rahman
    September 16, 2013

    Dulu udah les mandarin sampe lumayan lah spik2nya.. terus menguap karena ditinggal kawin trus punya anak..
    klo anak2 udah agak gedean mau belajar bahasa arab deh biar biasa memahami isi Al Qur’an #edisisolehah

    • fanhar
      September 16, 2013

      wahhh solehah banget niatnya. amin amin.. moga2 terkabul ya dhir..

  5. Pingback: On fire | Four Seasons In Belgium

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on September 13, 2013 by in bla bla bla, In Belgium.

Archives

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

%d bloggers like this: