Four Seasons In Belgium

by fanny hartanti

Online Shopping

Siapa yang kecanduan online shoppingggggg? Hayoooooo!!!!

Ya Tuhan…
Kegiatan yang satu ini sungguh sangat menyenangkan ya teman-teman… Hihihiihi

Saya sendiri sih gak tau apa saya bisa dikategorikan masuk dalam level ”kecanduan” atau nggak.
Tapi yang jelas… Kalau soal online window shopping… Itu hampir tiap hari deh saya kerjain… Hahhaha.

Duluuuuuu banget… Sekitar 10 tahun yang lalu, saya menghadiri suatu training di kantor.
Udah lupa pelatihan tentang apa, tapi saya inget banget si oom bule yang jadi pengajarnya nyebut-nyebut soal shopping via internet yang bakal marak di ‘masa depan’.
Waktu itu emang belum jamannya OLS… Dan saya pun skeptis.
Saya bilang… Ih, mana enak belanja lewat internet. Gak ada sensasinya. Padahal belanja itu kan yang enak justru bareng temen, ketawa-ketawa di mall, nyobain segala macam baju dan sepatu dan aksesoris sampai pegel… Megang bahannya, ngeliat warnanya, ngepasin… Dsb…dsb.
Kalau di internet, kan gak bisa….
Gak seru lahhhh pasti….

BOY, WAS I WRONG!

Ternyata eh ternyata… Online shopping itu enakkkkkk sodara-sodara!
Karena bisa dilakukan kapan saja. Di mana saja.
Nggak usah nunggu toko buka (tengah malem pun bisa belanja haha)
Gak usah malu borong semua (tapi abis itu gak jadi dibayar-langsung tutup tabnya- hihihi)
Bisa langsung browsing review
Bisa bandingin harga dengan ols lain
Dan sejuta keunggulan lainnya *mulai lebay*

Buat saya yang tinggal di belgia ini… Yang toko-toko cuma buka sampai jam 17-18 di hari biasa, atau sebagian besar TUTUP di hari minggu dan libur nasional… Suka susaaaah cari waktu buat belanja. Waktu buat shopping paling sabtu, itupun gak tiap minggu ya karena budaya nge-mall itu gak berlaku di sini. Makanya, sekarang ini OLS ngebantu banget.
Toko-toko besar atau merek-merek besar pun udah banyak yang buka jasa online store.
kalau dari belgia sendiri, saya sendiri paling sering beli di toko OLS macam esprit, adidas, nike, zalando (toko OLS yang menyediakan berbagai merek), c&a, bel&bo, avance, dan beberapa toko OLS skala kecil lainnya.
Serunya, kebanyakan toko-toko ini menyediakan jasa pengembalian gratis. Jadi kalau baju/sepatu yang dibeli gak sesuai ukuran/selera/ekspektasi kita, ya tinggal dibalikin aja. GRATIS!
Waktu beli celana lari adidas dan ternyata kegedean, saya malah cuma kontak kurir yang mereka pake (lupa TNT atau DHL atau UPS), terus mereka jemput paket yang di retour ke kantor saya. Enak kan???
Pernah juga, saya sengaja beli baju 2 ukuran, dicobain di rumah, trus salah satu yang kurang sreg saya balikin deh.
Oya.. Tentunya yang paling menyenangkan dari belanja onlen itu karena kita bisa pake fungsi filter yang kita mau. Kalau saya paling sering mengaktifkan filter ‘sale’ atau ‘promo’ atau… Disortir dari harga yang paling murah! Ahahahaha. Tetep dong… Cari yang diskonan dan terjangkau! Hihihi

Satu lagi keuntungan yang saya rasakan kalau beli barang di OLS itu pas sale season!
Kadang kalau kita ke toko pas musim diskon, barangnya udah banyak dicobain orang jadi udah kucel. Kalau beli barang sale di OLS, biasanya kondisinya masih oke bangettt…bener2 masih baru, masih dalam plastik! Hhahahahaha.

Kalau buat kosmetik, saya suka ke feelunique, atau beautybay website dari UK. Kalau untuk dalam negeri, saya suka ke MAC dan iciparisxl. Pernah juga beberapa websites dari belanda… Cuma gak inget namanya🙂
Tentunya satu lagi keuntungan OLS, kita bisa beli barang yang mungkin susah dicari atau malah gak dijual di negeri sendiri.
Contohnya, waktu itu saya beli clarisonic dari amazon uk, nyoba sample paula’s choice dari websitenya di belanda, beli brush real techniques dan sigma langsung dari amrik, beli spi wrist dari belanda, beli SKII dan hadalabo dari Hongkong. Soalnya barang-barang ini setahu saya gak dijual di Belgia.
Eh tapi, harus hati-hati juga check ketentuan import duty/VAT.. Jangan sampai bayar pajak dan ongkir-nya malah mahal… Hihihi
Kalau saya sebisa mungkin cari yang OLS-nya dari Uni Eropa soalnya biasanya bebas pajak.

Nah, ada satu lagi tambahan alasan yang bikin saya cinta sama OLS.
Jadi ceritanya bulan depan mas bul ultah. Sebagai istri yang baik kan saya mesti nyiapin kado.
Sebenernya saya udah tau yang mas bul mau. Tapiiiiiiiii masalahnya, gak mungkin beli barang itu tanpa dicobain dulu. Dannnnnnnnnn tau sendiri dong mas bul kan gak doyan banget diajak belanja.
Dulu yah jaman dia masih perjaka dan masih tinggal ama ibunya, saking gak pernah belanjanya.. Itu si mamah yang ke toko buat beli semua baju dan sepatu dia (jadi jo cuma nyetor duit doang, terima beres). Pernah dia selama 5 tahun kali pake sepatu model sama. Jadi tiap sepatu lama jebol,mamanya ke toko beli sepatu baru yang persis sama. Kalau nggak, ya beli sepatu lain, suruh dia cobain di rumah, kalau gak cukup ya mamahnya balik lagi nukerin sampai dapet yang pas. Hhahahaha.
Kalau kata adiknya, jaman jo remaja bajunya cuma 2 macem: jeans dan tshirt putih polos… Hahahahah
Makanya… Buat orang yang lebih milih ke dokter gigi dibanding belanja… Susah banget kan kalau harus muter-muter toko, nyuruh dia nyobain semua. Bisa manyun 2 hari 2 malem ntar:)
Ini aja, pas saya ajak dia belanja buat beli kado yang dia mau, mendadak dia berubah pikiran: ya udah beliin yang lain aja! Gak usah yang itu… Katanya.
Yaelaaah….🙂

Untungggggg…. Masbul punya istri yang bijak dan kreatif (cieeee… Gk sekalian bilang cantik????)
Dan malam ini, istri cantik itu (tuh kannnn disebut cantiknya), tiba-tiba punya ide brillian untuk beli barangnya di OLS. Jadi mas bul bisa nyobain di rumah. Kalau gak muat, ya balikin. Beli yang lain sampai dapet yang pas… Hahhahaha!
Ruginya, ya barangnya mesti dibayar duluan.. Jadi kalau mesti beli 5 barang sebelum nemu yang cocok, ya artinya harus bayar 5 kali. Tapi ya gak papa… Karena bakal dibalikin juga uangnya. Tapi ya itu, pasti membengkak sementara tagihannya… Ahhahah.

Tapi gak papa yah. Demi suami tercintahhhhhh.

Ah, pokoknya aku cinta online shopping!!!!
Kalau kalian gimana? Pasti suka dong belanja onlen? Ada pengalaman seru kah?
Apa sih toko OLS favorit?
Cerita dong!

16 comments on “Online Shopping

  1. hildha
    May 21, 2013

    Wah enak ya Fan, disana ada opsi balikin dan gratis. Gw sekarang ati ati banget belanja di online shop gara gara kalo nggak cocok nggak bisa diapa apain. Bahkan pernah gw menanggung rugi ongkir, karena barang yang dikirimin ols nya salah, dan gw tetap dipotong ongkir dari dia, dan bayar ongkir lagi pas ngebalikin ke dia. Busyet jadi curcol gw.

    Eh tapi gw dulu suka belanja buku bekas di amazon.de pas di Swiss. Nggak kena pajak apapun dari Jerman ke Swiss, dan walaupun yang jual bilangnya itu buku bekas, buku bukunya mulus persis baru. Sepertinya itu buku buku stock lama yang nggak kejual, ama penjualnya cuma dikasih coret pake silang di bagian belakang aja, biar keliatan buku lama.

    • fanhar
      May 21, 2013

      Ah iya.. Kalau di indo soalnya banyak ols abal2 ya hil.. Sayang banget. Kl di sini udah banyak merk besar yg bikin OLS, jadi mereka pasti jaga nama dan gak sembarangan servicenya..

      • mrscat
        May 26, 2013

        di indo toko offline aja gak bisa dibalikin apalagi ols. soalnya takut diabuse customer.

  2. Iiiih aku juga suka mbak belanja belanji pake OLS.. Gak bakal bosen bukain page one by one demi mendapatkan barang yang diinginkan.. Biasanya suka pake amazon.it karena nitip Kangmas juga yg lg disono. Resikonya sih lama, nunggu si kangmas dateng ke Indo. Tapi tak apah aku tetep cinta hihihihi Sekarang lagi seru2an bikin wedding present list di amazon. Nemu sepatu dan tas converse yang akuh cintah buangeeeet.. aaaak senangnyaa hihihi

    • fanhar
      May 21, 2013

      Wah seru banget tuh bikin wedding reg.. Jadi inget waktu hamil dulu juga bikin… Ampe khatam dengan semua harga dan jenis barang bayi ahahaha.kalau di indonesia belum marak (tapi udah mulai ada) ya sistem registrasi begini?

  3. Maya
    May 21, 2013

    Wah kayaknya baca postingan ini kok asik bener ya belanja on line🙂.
    Kalo di Indo sini kayaknya masih lebih asik umpel umpelan di Mangga Dua deh mbak kalo mau beli baju/sepatu😀. Kekhawatiran yang pertama kalo beli baju atau sepatu di OLS: barangnya gak cocok terus proses pengembaliannya berbelit belit.
    Aku pernah coba belanja buku online sih di Amazon sama Gramedia, enak juga praktis apalagi kalo bukunya termasuk susah dicari, paling nyesek bayar ongkos kirimnya aja😆

    • fanhar
      May 21, 2013

      Eh jangan salah may… Belanja online BUKAN pengganti belanja biasa.. Hanya tambahan aja. Hahaha.
      Jadi judulnya waktu belanjanya nambah… Hihihi
      Kadang aku nyoba dulu barangnya di toko biasa trus beli di toko onlen, soalnya kl di sini justru suka diskon dan free ongkir :))

      • Maya
        May 22, 2013

        Hahaha tambahan ya?😆😆
        Kalo disini kebalikannya mbak, broswing browsing di OLS, ujung ujungnya malah beli di toko biasa😀

  4. sondangrp
    May 21, 2013

    kalo di situs yg jelas emang enak sih Fan, jadi gak beli kucing dalam karung. AKu fave-kan situs sepatu Osh Kosh buat krucils, aseli selaluuu puas. KArena ada toolsnya si Toe ZOne buat ngukur dengan pasti, info sale-nya valid dan lumayan bgt diskon yg ditawarkan, dan cepet banget pengirimannya. Ada lebih dar 5 kali blanja always puas. Sama toko baju hamil/menyusui Sun SOng Sircus yg dari forum TUM, dan itu karena cocok di awal dan dia gak buka toko offline. Yang lainnya aku tetep pilih dtg ke tokonya, soalnya kemudaihannya (kayak mengembalikan dsb) belum kayak di luar negeri sana,

    • fanhar
      May 21, 2013

      Kalau merek2 gede gitu selain osh kosh apalagi yg ada OLSnya? Mau dong… Hihihi.. Mumpung mo pulang kampung.
      Aku baru tau osh kosh dan wet n wild.. Pengen nyoba juga ah..
      Tolong racuni saya kakak :))

      • sondangrp
        May 22, 2013

        hihihi cuma itu Fan. Yang lainnya ya coba coba. Sama ols clodi. Udah gak jamanmu lagi kan

        • fanhar
          May 24, 2013

          Yahhh…clodi mah gak deh.. Ahhahha.

  5. otty
    May 24, 2013

    Gue ga suka banget deh belanja online! *menatap nanar ke tumpukan palette dan kuas dan lain lain*

    • fanhar
      May 24, 2013

      Denial mode detected…. Hahahahaha

  6. Eveline
    June 3, 2013

    Gw juga demen banget online shopping, waktu msh di NL seringnya ke esprit, H&M en Zalando. Taktiknya sama kayak dirimu Fan, beli size berbeda ato beberapa warna ato bahkan beberapa item dengan warna dan size berbeda, hahahah. Kalo ga cocok tinggal bawa ke kantor pos dah beres deh. Coba Clarks deh Fan dr UK, free ongkir dan return, ini bahkan kurirnya yg jemput ke rumah bok. Makanya sekarang gw bete berat di Aussie sini, karena online shoppingnya ga se-ok di NL. Untungnya dompet aman di sini😀.

    • fanhar
      June 3, 2013

      huaaaa!! makasih Eveline untuk “racunnya” ahahaha. mo coba ah ke clarcks uk.
      gue selama ini suka ke feelunique atau beautybay (uk) buat kosmetik.. gratis ongkir hihihi

      ohhh aussie kurang bagus OLS nya yah? kenapa yaaa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on May 20, 2013 by in bla bla bla.

Archives

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

%d bloggers like this: