Four Seasons In Belgium

by fanny hartanti

horor

siapa yang suka cerita horor?
saya nggak!!!
hihihi..

beneran deh aku bencik cik cik ama cerita horor.
buat saya, cerita serem itu sebaiknya dihindari ajah macam ngehindarin orang yang keleknya bau. jauh jauh deh!
kalau ada memetwit mampir di TL twitter saya, pasti langsung saya lewatin atau orangnya saya mute atau unfollow sekalian! hahaha
soalnya kenapa?
karena saya penakut, dan kalau denger atau baca cerita yang gak-gak gitu kan malah jadi kepikiran..

masih inget banget, 2 film horor terakhir yang saya tonton (itupun belasan tahun yang lalu).
duluuuuuuuuu banget waktu masih muda (tsaaah).
judulnya the ring (ring a bell?), nontonnya di twenty one wijaya, double date, pas midnight! itu sebenernya saya OGAH.. tapi dipaksa paksa kayaknya sampai akhirnya nurut. dannnn… sepanjang film tutup mata dong!!!. terus buntutnya malah ngambeg minta dianter pulang aja.. hahaha.. akhirnya gak abis nontonnya!!! kabur sebelum selesai. udah lupa gimana filmnya (lagian gak ditonton juga wong sepanjang waktu merem sambil gak mau liat layar)… hihihi

film kedua, ditonton beberapa tahun kemudian.. sebenernya bukan horor tapi lebih ke thriller. judulnya what lies beneath. ingeeeet banget nontonnya pas sebelum sidang skripsi (ya ketauan deh umur gue…. :)).
jadi waktu itu sehari sebelum sidang nyokap dan oom suruh saya santai-santai aja biar gak setres buat ujian besok. akhirnya saya nonton ama temen atau pacar yaa.. lupa. kalau gak salah di PIM. dan sebelum nonton saya emang udah santai kayak di pantai. sama sekali gak tegang… eh tapi gara gara salah pilih film (kirain film drama ini) malah jadi SUTRIS!!!
asli deh ini film tipikal film yang bikin jantungan. dikit dikit.. JENG JENG!!! setannya dateng!
BETE!!!
beneran.. abis nonton film saya ngap-ngapan jadi tegang mampusssss sampe sidang skripsi besokannya.

inget juga… jaman SMA pernah nginep di vila di puncak bareng sama kawula muda mudi gawol satu angkatan.
trusss… biasa deh, cerita setan.
dannnn… tiba-tiba saya kebelet pipis kakakkkkk.
padahal ceritanya di ruang tamu, cuma selemparan kolor ama kamar mandi di dalem kamar… tapi tetep ya… jadi takut. sebellll… padahal tadinya baek baek ajah.. terpaksa deh rayu rayu temen buat anter ke wc. itu juga pipisnya pake ngebut. dan untuuuung cuma kebelet pipis, yang bisa dilakukan dengan cepet. kalau kebelet boker gimana coba??? hihhhh!!!

trus.. semacam udah janjian ama PLN.. tiba-tiba lampu mati. jadilah kita tidur bareng di ruang tamu. LENGKAPLAH SUDAH!!!

sebenernya aslinya, saya tuh orangnya lempeng dan biasanya gak pernah mikirin yang horor-horor begitu.
bukan pula tipe yang sensi dan “bisa liat” atau “ngerasain” kehadiran mahkluk laen.
kalau denger bunyi2 an aneh atau derak-derak gimana, saya gak bakalan kepikiran macem-macem. justru lebih ke yang nyata-nyata kayak wahhh jangan jangan ada maling atau apa instead of mikir jangan-jangan ada hantu.. tapi ya itu, kalau abis denger atau diceritain yang aneh-aneh.. bawaanya jadi keinget dan ketakutan sendiri kan malah…

saya jadi mikir…
sepanjang saya tinggal di belgia, gak pernah deh kayaknya saya ketemu orang yang suka cerita atau menghubungkan segala sesuatu dengan hal gaib. gak ada yang suka cerita-cerita serem.
okelah.. kalau film horor atau vampir masih ada yah.. tapi di kehidupan nyata.. gak pernah ada yang ngebahas soal ini.
misal, kalau ada anak bayi nangis nonstop.. ya mikirnya simple aja macam kolik atau emang lagi sakit atau mimpi buruk..
gak ada gitu yang bilang kalau si anak lagi “digangguin” atau apa…

kalau anak punya “imaginary friend”, mikirnya juga lebih ke alasan psikologis timbang “mahkluk halus”..

saya sendiri juga gak pernah mikir kesana sampai suatu hari saya ngobrol ama ibu-ibu di indo dan jadi “keinget” soal ini.

kalau ditanya percaya atau gak percaya.. ya saya sih percaya aja kalau kita gak sendirian di dunia ini..
TAPIIIIIIIII
saya mikir segala cerita horor di indo itu suka over exposed deh kayaknya.
jadi bikin ketakutan gak jelas dan menurut saya justru bisa menghambat diri. iya gak sih? apa itu gue doang yah? hahahahhaa!!!

soalnya saya dari dulu suka bingung kalau liat channel2 macam nat geo atau discovery, di mana bule-bule berani banget bereksplorasi di tempat tempat angker.. apa mereka gak takut setan?
tapi ya itu, sekarang saya nyadar kalau bule2 itu biasanya emang besar tanpa banyak pengaruh ditakut-takutin cerita horor.. makanya mereka lempeng aja gak mikir yang “aneh-aneh”…

oke, ini emang teori abal-abal saya.
besar kemungkinan saya cuma sok tau doang hahhahaha..
tapi beneran deh, saya penasaran. kenapa kayaknya kalau di indo suka banyaaak tempat yang (dianggap) angker dan banyak orang yang “sensi” tapi kok kalau di luar indo (bule-bule) kayaknya jarang banget?
atau emang di LN jarang ada mahkluk halus?
masa sih.. saya kok gak percaya?

gini aja deh simple-nya.
di yurep banyaaaaaak bener kastil atau bangunan yang umurnya ribuan tahun. tapi sama sekali gak berkesan angker..
malah bagus, terawat dan jadi tempat wisata dengan tiket masuk yang mayan mahal.
lah kalau di indo..
huhuhu.. jadi inget tahun lalu pas ke kraton yogya, diwanti-wanti ama abang becaknya karena saya bawa alyssa dan si abang takut al “digangguin”… LANGSUNG STRESSSS!!!
akhirnya saya nggak nyaman dan buru-buru pengen cabut.. dan malah diomelin ama kangmasbul… hiks :))

anyway.. what do you think, temans?
are you one of those “sensitive” ones that can feel the presence of “others”?
let me know what you think.
eh tapi komennya jangan pake cerita serem ya!
pokoknya JANGAN!
hahahaha

20 comments on “horor

  1. Nilla Wulandari Holsbeek
    May 2, 2013

    iya bener Mbak Fanny..Di Indo itu cerita hantu-hantuan..hantu beneran maksudnya…Over exposed deh…;Apalagi Pas Zaman waktu kuliah di Malang ada satu stasiun radio anak muda yang khusus bikin acara cerita hantu atau sharing pengalaman goib semisal ketemu hantu gitu..en saking penasaran en demi melatih adrenalin ..cieh Aq en teman satu kos-an yang kebetulan penakut semua bela-belain dengerin nih acara tiap malam jumat..Wal hasil semua pada kompakan tidur bersama di ruang noton Tv ..bukan di kamar masing2🙂..ya gitu kejadian syeremnya kebanyakan terjadi di seputaran kampus en di bumbuin cerita Mahasiswa bunuh diri lah..dibunuhlah;;;en bla;;bla .beda banget sama di yurep khususnya di Belgi sini….nah gara2 keseringan denger hal hal goib dari temans dan tetangga kadang sampai kebawa pas sekarang tinggal di Belgie..Apalagi pas ditinggal suami tugas diplomatik or konperensi ke luar Belgie..alamat deh sendiri di rumah…mau ngungsi ke rumah Mamer sungkan…Apalagi pas curhat masalah Hantu sama Mamer…jelas2 diketawain…bener2 lho orang Belgie sini skeptik gitu sama hal2 goib.

    • fanhar
      May 2, 2013

      nah nah nah.. bener kan.. jadi ketakutannya dari sugesti aja karena keinget ama cerita serem ya..
      makanya aku suka penasaran, kalau hal gaib itu beneran emang banyak di indo apa sebagian besar cuma cerita rakyat doang buat nakut-nakutin?

      • Nilla Wulandari Holsbeek
        May 3, 2013

        Iya Mbak Fanny kembali lagi ke Sugesti…kesimpulannya cerita mistis di Indo itu Lebhay….sampai2 hampir sebagian besar orang indo tersugesti hal2 buruk ini..termasuk Aq….dasarnya penakut sih…tapi..tapi…sejak tinggal di negeri orang Aq berprinsip harus Move on tentang hal2 goib itu ..memang sih selain manusia Tuhan menciptakan Makhluk lain..tapi beda alam en ada kode etik..cieh..cieh..diantara nya…makhluk lain tsb gak boleh menampakkan diri en gak boleh saling ganggu…nah kalo semisal ada cerita penampakan atau apa lah…ya itu mungkin sugesti dari film film hantu made in itu lho indiahe..Punjabi brothers….wkwkwwk

        • fanhar
          May 6, 2013

          haha punjabi brothers.
          nah iya aku juga mikir banyakan sugesti jadi parno sendiri.. :))

  2. Ochie Putri
    May 2, 2013

    Setuju mb fanny.. Cerita hantu di indo itu selalu over exposed jd bikin ketakutan sendiri… Aplg dulu wkt anakku baru lahir, klo dia nangis mlm2 pasti dibilang ada yg gangguin.. Aku pun benci nonton film horor dab diceritain ttg hantu yg serem2..

    Eh lagian sih di indo hantunya jelek2 misalnya kuntilanak kan cuman pake daster putih doank, pocong jg kan ya gitu deh, gondoruwo, kalong wewe dsb.. Ga ada yg elegan hantu di indo mah.. Kli hantu di luar negeri kan keren2 kyk drakula pake jas, vampire jg lumayan lah.. Hahaha.. *pikiran ngaco, mhn diabaikan*

    • fanhar
      May 2, 2013

      mhuauaahahhaha… bener ochie… hantu/mahkluk jadi-jadian di LN cakepan.. *mendaadak terbayang edward dan jacob… sluuurpppp!!!*

  3. Hildhaa
    May 2, 2013

    Sama, gw kalo nggak diinget ingetin sih biasa biasa aja. Cuma ya gitu, kalo udah denger, baca atau dicerita ceritain, akhirnya gw malah kepikiran dan jadi takut. Dulu gw berani tinggal sendirian di apartemen di Neuchatel, karena menurut gw, bule kan nggak akan jadi hantu lokal nya kita macam kuntilanak, gendurowo dsb, soalnya yang serem kan yang begituan. Hantu bule kan macam vampire dsb, ih itu mah ganteng kan.

    • fanhar
      May 2, 2013

      jadi kalaua da yang ngetok apartemen malem-malam ala edward… gapapa ya Hil.. langsung dibukain pintunya lebar lebar.. ahhahahaha!

  4. Maya
    May 2, 2013

    Haduh sama dong mbak, aku juga paling serem kalo nonton-nonton film horor gitu. Pokoknya kalo nonton di bioskop, yang namanya film horor udah masuk blacklist deh. Rugi udah bayar terus nontonnya banyakan tutup mata. Lagian film horor tuh kadang jengkelin juga ya, udah tau hantunya serem eh masih disamperin juga cari mati kan?!😆.
    Anyway salam kenal ya mbak🙂

    • fanhar
      May 2, 2013

      nah! bener banget!
      herannya kenapa mereka selalu lari ke atas atau ke tempat sepi atau malah ke hutan??? kan bego yah…
      hihihi

      salam kenal juga ya!

      • Maya
        May 2, 2013

        Iyaaa, mbok ya nyari tempat yang terang & rame gitu X)).
        Hehehe gak nyangka loh BW ketemu blog nya mbak Fanny, baru ngeh pula yang nulis novel C’est La Vie, aku sukaaa novelnya mbak🙂

        • fanhar
          May 2, 2013

          Ihiiiiyyy… Makasih Maya.
          Aduhhh jadi geer *sisiran*

  5. rocktobermom
    May 2, 2013

    Itu ngedate nonton horor mah modus :p gw jg penakut kut kut ditambah rumah & rumah mertua yg spooky abeeeiiiis mau gak mau menuntut gw utk jaim, untung cuma 2-3x dlm setaun mengunjunginya😂 laki gw Selalu blg gw lebai. Ya tapi gimana namanya takut gak bisa dibayaaar… Nah klo udah nyokap (yg penakut akut) nginep di rmh heboh deh smua jd ikut2 penakut lg…:(

    • fanhar
      May 2, 2013

      hiyaaaa modus biar bisa tutupan mata di bahu yaaa …hihihihi
      nah, bener ya takut itu nular!
      gue dulu juga pernah lagi di puncak biasa aja, eh temen gue ketakutan sendiri dan gak berani liat jendela..
      ih gue kan jadi merinding juga!!!!

      eh rumah mertua lo di mana Trul?

      • rocktobermom
        May 2, 2013

        Lampung! Daaannn…..cakeeeep deh barusan mertua dtg Dan nyuruh kita hr minggu ke lampung😰 pas bener abis ngomongin horror dududududu….

        • fanhar
          May 2, 2013

          Huahaahaha… Ngakak guling2 gue.
          Good timing banget ya trul…
          Enjoy lampungggg :))

  6. greissani
    May 2, 2013

    Aku juga orangnya penakut mbak, penakut banget malah hihihii.
    Diceritain dikit cerita yang serem aja dah kepikiran sampe berhari2 dan jd ga berani ke toilet sendiri, jd ngerasa bego kalo dah gitu hahahah.
    Aku juga emang ga bisa secara khusus ngeliat mahluk halus, tapi serem aja kalo pas ditempat sepi tiba2 muncul sesuatu.

    Dan kalo suami lg tugas luar kota pun kadang2 kalo pikirannya lg yg aneh2 aku tidur pake head set,biar ga denger suara yg nggak2, jd tidurnya sambil dengerin musik…..alamakkkkk parah deh gue hahahha

    • fanhar
      May 2, 2013

      ih ternyata banyak juga yang penakkut yah.. asyik banyak temennya! hihihi
      itu paling nyebelin kalau jadi takut ke toilet! hahaha. dilema banget!
      boleh juga tuh idenya pake headset eh tapi kalau aku mah yang ada malah gak bisa tidur jangan-jangan!!🙂

  7. otty
    May 6, 2013

    Bos gue waktu baru pindah ke sini sempet nanya ke gue, apa gue percaya sama makhluk halus? Dengan mantap gue jawab “percaya”. Trus dia nanya, can you see them? No. Lha dia mukanya langsung bingung hahaha…

    Trus temen gue yang cerita, misalnya kalo dateng ke basement yang lama ga dipake, otomatis merinding kan… Sama bos gue dijawab dengan ilmiahnya “that’s the effect of humidity” hahaha… karena menurut dia, di basement mah pasti lebih lembab dan itu yang membuat kita merinding.

    Bule2 itu emang sangat ilmiah ya😀 Ga kayak kita haha…

    • fanhar
      May 6, 2013

      imho banyakan faktor budaya dan tradisi juga ty.
      contohnya jo percaya kita gak sendirian di jagad raya.. mungkin ada UFO dsb.. tapi ya gak kayak yg di film2 gitu..
      trus karena gak banyak doktrin cerita serem jadi gak parnoan juga.
      lagian kayaknya cerita angker itu mungkin banyakan boong atau cerita rakyat aja deh. dipake untuk larangan atau nakutin anak/masyarakat.

      kesian kalau dipikir2 itu mahkluk gaib suka disalah2in mulu apa ditunggangi namanya.. padahal mungkin mereka juga gak sejail itu ganggu manusia mulu. *puk puk*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on May 1, 2013 by in bla bla bla.

Archives

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

%d bloggers like this: