Four Seasons In Belgium

by fanny hartanti

belajar bahasa inggris

akhir-akhir ini si neng lagi tertarik belajar bahasa inggris.
mungkin karena dia banyak nonton serial di disney channel yg rata-rata berbahasa ingris plus denger lagu-lagu pop macem lagunya one direction. dia jadi pengen memahami lirik lagu-lagu tersebut.

di belgia bagian Flemish, bahasa ingris baru diajarin secara formal mulai SMP sebagai bahasa ketiga. bahasa kedua, prancis mulai diperkenalkan pas TK, tapi belum intens. paling nyanyi doang, atau kosa kata simple.
karena itu, pada dasarnya si neng belum ada basis formal bahasa ingris sama sekali.

tapi al udah biasa denger saya dan jo ngomong bahasa ingris (saya ngomong ingris dan belanda sama jo), plus ya itu tadi ngedengerin lagu dan serial tv.
makanya saya rada kaget juga ternyata dia ngerti banyak loh!!
kalau saya ngomong bahasa ingris ama jo, dia suka tiba2 nyaut!! ahahaha
gak bisa lagi deh pake bahasa ingris buat ngomong rahasia!!!

trus belakangan ini, dia juga tertarik baca/tulis.
suka minta kita nyebutin kata-kata bahasa ingris trus dia coba tulis.
tentunya masih suka ngaco, tapi banyakan benernya sih!!!
pinter ih.. anaknya siapa yahhh!!!
hihihi

seminggu yang lalu, saya iseng nyuruh dia baca buku cerita anak berbahasa ingris. eh dia ngerti lohhh!!!
pertama dia nyoba nerjemahin satu persatu kata, tapi ya susah.. akhirnya saya bilang dia cukup ngerti satu kalimat secara utuh.. dan lama-lama dia paham konsepnya.
canggihhhh.. ahahhaa.
ini anak mamah benerrr ini mahhh hihihi
*tinggiinkerah*

tapiii… seperti biasa si anak perfeksionis dan gak sabaran ini keburu mutung duluan deh kalau gak langsung bisa nangkep cerita secara sempurna karena ada 1-2 kata yang dia gak ngerti.
drama deh..
dan saya maksa-maksa dia buat nerusin, sampai dia bisa.
maksud saya, saya gak mau dia berhenti di saat dia ‘mentok’.
dan benerkan, setelah dikasih tips akhirnya dia bisa! si neng pun bangga gitu sama dirinya sendiri!!
gak lama kami berhenti krn neng udah capek katanya. yowes saya juga gak maksa…

ehhhhhh… gak lama berhenti dia curhat dong. sedihhhh bener.
kesannya tadi itu saya maksa dia banget gituh.
lah trus saya jelasin, saya gak maksud maksa, tapi saya gak mau dia berhenti di saat dia merasa gak bisa. saya gak mau dia gampang putus asa dan gak pd. lagian terbukti kan kalau dia sebenernya bisa. memang begitulah proses belajar…

trus neng ngomong: mamahhh… kenapa sih aku harus belajar terus? kan aku udah belajar di sekolah… huhuhu

ihhh jadi merasa salah deh akohhhh…🙂
padahal kan yang minta diajarin bahasa engres dia.. yang minta nyoba baca buku bahasa inggris juga dia..
huhuhu… maap ya neng..

tapi mungkin neng capek aja kali ya. sesudah itu kita peluk pelukan dan neng bobo. besoknya papah nanya ke neng soal baca bahasa ingris trus neng senyum senyum bangga. tuh kannnn…
ah si neng suka drama deh🙂

6 comments on “belajar bahasa inggris

  1. Ochie Putri
    April 8, 2013

    Btw mb fany, gen pinternya anak itu nurun dr ibunya loh.. Coba browsing deh klo ga salah.. Berarti klo anak pinter, ibunya jg pinter.. Hehehe😀

    • fanhar
      April 8, 2013

      nah iya aku juga pernah baca itu teori hihi.
      tapi aku berharap salah teorinya soalnya pinteran bapaknya jadi biar al ikut bapaknya aja pinternya
      lagian kan cantiknta udah ikut mamah *uhuk*
      kesian nanti bapaknya gak kebagian :)))

  2. Monica Kailola
    April 8, 2013

    Hai mba, salam kenal…, aku juga kayak begitu, anakku lebih suka nonton disney channel, cbeebies dll dibanding sinetron yang ga jelas begitu (thanks God) akhirnya dia ngerti dan bisa bahasa ingggris dengan sendirinya, seneng siih…tapi artinya sekarang aku sama papinya harus belajar bahasa lain, soalnya dia udah ngerti kalo kita ngomong rahasia2an….hahaaaa

    • fanhar
      April 8, 2013

      hi monica, salam kenal juga.
      hahaha iyaaa. gawat yah!
      perlu bikin kode juga nih hihi

  3. tsuruhami
    April 8, 2013

    Berarti si neng menguasai banyak bahasa sekaligus dong. Waduh, jadi ngiri.
    P.S: Kaget juga tahu bahasa Inggris itu basa ketiga. Biasanya Inggris itu second language.

    • fanhar
      April 8, 2013

      belum juga sih, tapi lumayan ngerti banyak. moga2 dia fasih beberapa bahasa nanti nya.. amin

      iya soalnya di sini bahasa resmi yg diakuin negara kan ada 2, belanda prancis dan jerman.
      jadi minimal 2 bahasa nasional yg diajarin di sekolah baru bahasa ketiga..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on April 7, 2013 by in Uncategorized.

Archives

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

%d bloggers like this: