Four Seasons In Belgium

by fanny hartanti

Winterrapport 2012

Warning: ini postingan emak-emak abis, yang menganggap anaknya paling TER sedunia.

Yup, barusan saya abis ambil rapot neng al.
Dan seperti biasa, kalau abis ketemu ibu gurunya Al dan ngobrol ‘resmi’ tentang perkembangan dan hasil belajar si neng, rasa bangga membuncah begitu kuat.
Sampai saya mikir… ”Ihhh, hebat banget deh aku punya anak udah cantik, pinter, baik, sopan… Dulu bikinnya gimana ya kok bisa canggih begini keluarnya”

Mhuahahahaha

Maap, kalau jumawa,
Ya namanya ibu-ibu yeeee…
Lagian kan udah di warning di atas, kalau gak suka bacanya ya gak usah baca! #mendadak-defensip.🙂

Ini pertama kalinya kita ngobrol khusus tentang al sama guru kelas tiga si neng, jadi kita juga pengen banget tau dong overall impression nya si ibu…
Tapi yang pertama ditanya sama ibu guru justru kesan2 kami, tentang bagaimana pendapat kami soal alyssa di kelas 3. Denger2 sih banyak ortu yang protes karena merasa beban pelajaran di kelas 3 lumayan berat. 3 kali seminggu ada PR, plus mesti baca buku dan bikin ulasan seminggu sekali. Belum lagi seringnya ulangan, presentasi, dll.
Tapi jujur aja kami pribadi gak gitu keberatan karena merasa alyssa sejauh ini masih bisa mengatasi semua ‘beban’ dengan baik. Gak setres atau terpaksa.

Kemudian kami lanjut membicarakan rapot, hasil ulangan dsb.
Rapot al bagus, ada 3 mata pelajaran di mana dia dapet nilai sempurna(betul semua): matematika, geometri, dan….. Agama!
Hahaha. Bless you deh al, agama selalu dapet 10 gak kayak mamah yang selalu dapet nilai merah dan terancam gak naik kelas (dulu kalau uti gak ngadep wali kelas/guru agama, bisa jadi beneran gak naik kelas saya… Yahaha)
Lucunya,walau ibu guru selalu bilang kalau bakat linguistik Al itu luar biasa, tapi justru nilai matematik dan geometrinya yang sempurna, nilai bahasanya (baca, tulis dsb ) justru ada beberapa yg di bawah rata-rata (tapi gak banyak).
Namun si ibu tetap muji kemampuan baca dan mengeja al yang bagus banget katanya.
Dan…. Kata si ibu, kosa kata alyssa luar biasa untuk anak seumurnya. Katanya, sering ada temennya yang gak ngerti arti satu kata, dan al langsung deh ngejelasin…
Ihhh… Bangga nya akyu… Anak mama pinter.
Kalau yang satu ini, pasti keturunan bapaknya, saya ngaku deh karena saya rada2 oon kalau suruh ngapalin vocab.

Dan walaupun saya suka sok2an bilang bahwa ranking itu gak penting karena talent setiap anak berbeda… (Dan biasanya kita gak pernah dikasih tau soal ini ama bu guru yang dulu dulu), tapi begitu tahu kalau catur wulan YANG LALU alyssa rangking 2, hoaaaaa… Langsung berasa pengen sujud syukur.
Sayangnya catur wulan kali ini, prestasi al sedikit turun, jadi peringkat 8, tapi nilai rata2nya tetap 91,25, di atas rata2 kelas 90,25.
Canggih ya rata2 kelasnya. Ibu guru alyssa -seperti ibu guru kelas kelas sebelumnya dari TK – emang ngakuin kalau kelas al ini kelas yang ‘kuat’. Anaknya pinter2… Kata dia, tahun2 sebelumnya, biasanya rata-rata kelas itu 80 an.. Tapi yang kelas sekarang 90 an..

Knp nilai al rada turun (dibanding sebelumnya)?
Karena dia ada jeblok di satu mata pelajaran : world orientation dimana dia ‘cuma’ dapet 87.
Dan… Saya akuin ini salah saya, karena pas mo ulangan dan saya ngetes al pake soal2, ada satu bagian yang kelewat (tanggal tanggal peristiwa penting).
Jadi al banyak salah, trus jeblok deh dan menyeret nilainya jadi turun..

Tapi gpp, saya tetep masih banggggggggaaaa banget ama si kunyil.
Bukan cuma untuk prestasinya tapi lebih pada semangat dia untuk belajar, disiplin dan nurut, kadar ambisi yang sehat..
Sampai di rumahpun, setelah kami kasih dia selamat dan bilang betapa bangganya kami sama dia, dia langsung ‘ngerjain’ rapotnya.
Jadi di rapot ada kolom di mana dia harus isi poin poin yang menurut al penting dan harus diraih, dan ini yang dia tulis:
1.Aku harus memanfaatkan waktu dengan lebih baik
2. Aku mesti nyelesain satu tugas dulu sebelum mulai dengan tugas lain
3. Aku mesti (hati hati) kalau baca tugas

Semua poin di atas itu al sendiri loh yang ngerangkum.
Gak disuruh mama papa..
Mungkin ini bukti kalau semua omelan mama papa terekam dengan baik di otaknya, hahahah.
It works.. It works…!!!

Apalagi yah..
Oya, ibu guru ngakuin kalau al bawel (yaelah bu, untuk anak yang punya banyak kosa kata, sayangkan kalau gak dipake .. Hihihi)
Trus kalau dia gak suka dibilangin, percis kayak di rumah. Al sukanya trial dan error. Dia dari dulu gak mau diajarin, atau di kasih tau rumus yang cepet. Ohhh nooo… She hates that. Bisa ngamuk tuan puteri. Makanya mesti sabar nemenin dia belajar, walaupun si princess sendiri yangs suka gak sabaran dan berujung pada drama… Hahaha
Tapi kalau di sekolah dia mendingan sih kata ibu guru, dia masih mau ngedengerin dengan baik di kelas dan menyerap banyak informasi.
Nah, tapi al suka cepet panik kalau merasa dia gak bisa sesuatu, langsung heboh dehh dan setres sendiri. Parahnya dia suka gak mau dibilangin.. Hahaha ini mah sama banget ama di rumah..

Ibu gurunya al ini temen lama ibu dan tantenya jo. Jadi dia dulu suka maen di rumah neneknya jo, dan waktu jo kecil dia suka maen di rumah si ibu guru.
Jadi komen pertama si ibu waktu liat jo adalah ” ih aneh ih ngomong sama kamu yang sekarang udah jadi bapak2. Aku kan tau kamu dari jaman kamu masih piyik ”
Hahahah

Pulangnya, selain bawa rapot, kita juga bawa hasil prakarya neng.
Cantik yah??

20121218-225045.jpg

2 comments on “Winterrapport 2012

  1. luitayusniawati
    December 28, 2012

    Ya amfuun mbaak, beban yg segitu untuk kelas 3 SD udah dibilang beratts bagi ortu di belgi? Bagaimana dg di indo yaaa, skr hampir tiap hari mereka ada PR, hafalan endesbre endesbreee. Hiks kayaknya santai banget ya skul di sana? Santai tp got the point hmmm mufeeeng..

    • fanhar
      December 30, 2012

      santai sih gak ya, karena 4 dalam 5 hari mereka ada PR plus ulangan dan presentasi. tapi di sini pressurenya anak cuma diminta melakukan yg terbaik, biasanya ortu gak nuntut harus rangking atau nilai bagus. ini generally speaking ya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on December 18, 2012 by in motherhood.

Archives

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

%d bloggers like this: