Four Seasons In Belgium

by fanny hartanti

Donor Darah

Beberapa waktu lalu, di sekolah Alyssa dikunjungi oleh Palang Merah Belgia.
Sebelum hari H yang ditentukan, anak-anak disuruh belajar nyanyi lagu baru palang merah yang lagi hits, dan mereka juga bawa pulang brosur buat ortu yang bersedia menjadi donor.
Katanya kalau berhasil mengumpulkan 100 calon donor, maka si artis bakal dateng ke sekolah buat nyanyi bareng anak-anak.

Tentunya, alyssa langsung minta saya daftar jadi donor, yang langsung saya setujui, karena dari dulu emang pengen aja tapi entah kenapa gak pernah terlaksana.

Tepat di hari H, seluruh siswa mesti pake baju warna merah ke sekolah. Kebetulan, saat itu hari rabu jadi saya pas libur. Lucu deh, pas saya nyetir, liat rombongan anak jalan kaki di deket sekolah bersama guru-gurunya. Semua merah… Jadi kayak lautan merah gitu. Keren!!!
Sayang waktu itu gak sempet foto (yaiyalah, orang lagi nyetir).
Untungnya pas jemput si neng, sempet nyeluarin iphone dan foto2 sedikit walaupun gak seheboh pas anak-anak jalan bareng (soalnya sebagian besar udah ada pulang)

20121021-190436.jpg

Nah, minggu lalu saya dapat telepon dari palang merah untuk mengkonfirmasi kesediaan saya jadi donor. Dengan semangat, saya langsung bikin appointment untuk selasa 23 oktober ini.
Iya bener semangat loh, bukannya sok pamer ini saya nulisnya tapi saya pikir, wong darah gratis juga, syukur2 bisa bantu orang yang membutuhkan… Jadi kenapa nggak? Toh saya gak rugi apa-apa.. Lagian, ehm… Siapa tahu berkurang beberapa ratus gram gitu berat saya… Mhuahahaha… Pamrih.. Nggak ding! Yang terakhir mah bercanda.. Ciyussss!!!

Begitu telpon di tutup, saya tiba-tiba nervous.
Gimana kalau ternyata saya bukan kandidat donor yang tepat?
Gimana kalau saya ditolak?
Gimana kalau darah saya dianggap ‘kurang bagus’

Ini semua gara-gara saya sempet ngobrol sama omanya alyssa dan jo sebelumnya. Kata si oma, tantenya al nggak boleh sumbang darah karena apaaa gitu. Anemia kalau gak salah. Terus omanya juga gak boleh karena dia minum obat apa. Widihhhh…
Jadi deg-degan deh.

Eehhhh terus barusan aja, kita ngobrolin lagi soal donor darah ini pas dinner. Jadi sekarang personilnya nambah, saya, jo, oma, adeknya jo dan ipar. Nah adeknya jo itu perawat jadi dia rada-rada tahu soal siapa yang boleh dan gak boleh jadi donor. Kata dia, pasang@n ses@m@ j3n1$ ( hihi jadi alay) itu GAK boleh nyumbang darah.
Wahhhh, kaget loh kita. Kok semacam diskriminasi, apalagi di belgia yang melegalkan pernikahan se$@m@ begitu….
Trus, kata dia, temennya pernah mo jadi donor ditolak karena si temen itu baru ganti pacar (yg artinya punya partner s3k$ baru)..
Temennya ampe sebel dan sakit hati katanya :))

Terus, tiba2 si adik ngeliat ke saya sambil ngomong ‘ fan, kayaknya kamu bakal ditolak juga deh’
‘Heh, kenapa?’
‘Soalnya kamu kan abis dari indonesia, itu kapan? Udah ada 6 bulan belum?’
Waks… Semua tambah ribut… Mulai dari nyela aturannya rasis lah, aneh lah, diskriminasi lah, kebangetan lah..
Akhirnya si adek teriak ‘wooooyy bukan gue yang bikin aturan woooooyyyy… Jangan ngamuk ama gue!!!!”

Hihihi…

Tapi secara masih penasaran, begitu sampe rumah saya langsung browsing2 cari info dan menemukan contoh daftar pertanyaan untuk calon donor.
Eh busyettt, banyak ya bo pertanyaannya… Kurang lebih 40 pertanyaan.
Dan apa yg dibilang ipar saya itu bener.
Ini beberapa yang saya ingat, kurang-lebih:
– apa kamu h0m0$3ksu@l
– apa dlm kurun waktu setahun kamu pernah melakukan hub S berbayar atau berganti2 patner
– apa dlm kurun waktu 6 bulan kamu pernah demam di atas 38 dC atau mengalami infeksi?
– punya penyakit gula?
– apa dlm kurun waktu seminggu gigi kamu di cabut?
– apa dlm kurun waktu seminggu kamu ke dokter?
– apa kamu pernah ditolak jadi donor?

Dan ini pertanyaan yang membuat saya terancam gagal jadi donor:
– apa dlm kurun 6 bulan kamu meninggalkan belgia atau bepergian keluar negeri?
IYAAA… Mana ke negara2 tropis pula macem Ecuador, Peru dan indonesia…
– apa dlm kurun waktu sebulan kamu minum obat?
IYAAAA… Obat untuk infeksi otot.. Huhuhu
– apa kamu punya riwayat alergi dan asma?
IYAAAAA… Huhuhu

Asli deh, screeningnya ketat banget.
Di satu sisi, bagus yah.. Jadi kita yakin darah yang didapet bener- bener ‘bebas penyakit’
Tapi di sisi lain, busyettt… Kayaknya jarang banget orang yang bisa lolos screening dong..
Gimana bisa ngumpulin darah itu palang merah…

Eh tapi ya gak tau juga sih gimana penilaiannya.
Untuk kasus saya, saya sih masih tetep mau dateng hari selasa nanti da mengisi pertanyaan dengan sejujur-jujurnya.
Apakah darah saya dianggep cukup oke atau nggak.. Ya walahualam.
We’ll see.
Tapi moga2 kepake deh.. Abis kayaknya gimanaaa gitu kalau ampe ditolak,
Kesannya saya penyakitan bener… Hihihihi.

Kalau di Indonesia, perarturan donor darah seribet ini gak sih?
ada yang bisa share?

9 comments on “Donor Darah

  1. mrscat
    October 22, 2012

    bener tuh fan, aku pas di amrik mau donor darah gak pernah bisa begitu tau aku org indonesia

    • fanhar
      October 22, 2012

      serius nov, ditolak karena elo orang indo?
      kalau di sini, katanya sih siapa aja bisa.. tapi ya itu, banyak pertanyaannya.. tapi gak ada sih pertanyaan soal ras..

  2. otty
    October 22, 2012

    Gue bolak balik ditolak donor darah karena TERLALU KURUS *harus dikasih caps lock* huahahaha… Tapi itu dulu sebelum nikah *tertunduk lesu*. Setelah akhirnya berat gue naik, masih ditolak juga karena masih menyusui. Yuk mari, ntar aja lah baru gue coba ngedonorin darah lagi, daripada sakit hati.

    • fanhar
      October 22, 2012

      *mute otty*

      ya iyalah coy… lagi nyusuin mah kagak usah dulu atuuuuhh.
      eh tapi di list itu gak ada deh kayaknya pertanyaan soal menyusui. yang ada pertanyaan apa kamu hamil?

      eh, syarat donor kalau di indo sama ribetnya gak sih?

  3. phi
    October 23, 2012

    ngga ko di indo ga terlalu ribet๐Ÿ™‚ syarat dasarnya ya harus sehat pd hari mau donornya, kalo yg wanita ga lg mens/hamil, tidur lebi dr 5 jam malem sblmnya, berat badan di atas 45/47 (lupa), tekanan darah normal, sm hb nya cukup (12.5 ke atas) dan di atas 17 tahun. pertanyaan2 nya sama sih di formulirnya ada skitar 30an gt kt hrs contreng2.. ditanya juga ditindik/tato ga, dtanya suka gonta ganti pasangan ga, minum obat apa ga pas hari itu gt2 sih mirip hehe..๐Ÿ™‚ trs pas mau donnor nya ditensi, diambil darahnya sdikit pake suntikan yg kaya bolpen itu buat dicek gol darah n hb-nya… kl lolos 3 itu lgs deh bisa donor..๐Ÿ˜€

    • fanhar
      October 23, 2012

      ih gak susah ya.. barusan dong aku ditolakkkkk hiks

  4. eriyani
    October 23, 2012

    Waktu aku donor sekali2nya, cm ditanya golongan darah, lg mens apa engga (kl ini yg nanya temen), trus dcek HBnya.. Tp seingatku tdk ada pertanyaan seribet itu…

    • fanhar
      October 23, 2012

      eh aku gak ditanya mens apa nggak loh. emang gak boleh?
      ini lagi mend padahal, tapi ditolaknya krn alasan laen hihi

  5. Pingback: tertolak 2012 | Four Seasons In Belgium

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on October 21, 2012 by in In Belgium, motherhood.

Archives

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

%d bloggers like this: