Four Seasons In Belgium

by fanny hartanti

Mari Menjahit!

Jadi, awal September ini saya ikut kursus menjahit.

Sebenernya dari dulu pengen bisa jahit, malah pernah bilang sama Jo kalau saya mau minta neneknya buat ngajarin.
Kebetulan neneknya Jo jago jahit. Itu gorden di rumah, jahitan si nenek semua.. Terus kalau ada baju bolong atau mesti dirombak, pasti minta tolong si nenek.

Keinginan semakin menguat saat liat temen-temen TUM yanag super kreatif, dan suka posting barang-barang keren ciptaan mereka sendiri.

Saya ngebayangin, wihhh pasti asyik ya ngedandanin Alyssa pakai baju dan aksesoris ‘made with love’ by mama.
Hiks, belum-belum saya udah terharu duluan.
Rasanya makin mantep mau belajar jahit.

Tapi ya namanya niat, kadang cuma sebatas sampai niat doang. Ketunda-tunda muluuu ngomong sama si nenek.
Lagian, kapan waktunya coba ? Alesan klise untuk ibu-ibu macam saya yang suka sok sibuk begini…
 Eh, beberapa bulan lalu, ipar saya (adik perempuan Jo satu-satunya), tiba-tiba ngajakin les jahit.
Wihhh.. seru juga nih saya pikir.
Kalau ikut kelas ‘formal’, disiplin waktu pasti akan lebih terjaga. Jadi bisa belajar ‘beneran’.

Saya pun mengiyakan dengan semangat.
Tambah seneng, karena ada temen les yang udah kenal. Bisa berangkat bareng, bisa belanja bahan-bahan bareng, bisa diskusi, dll. Yay !!

Neneknya Jo, begitu denger cucu dan cucu-in-law nya mo ikutan les jahit langsung komentar…
‘apa-apaan ini. Kalian mau MEREBUT LADANG PEKERJAAN SAYA ?’
Mhuahahahaha… kita langsung ketawa cekikikan.

Sejak itu, kalau saya minta tolong permak baju ke beliau, si nenek langsung nyaut (sok) galak. “kenapa gak jahit sendiri? Udah bisa kan…”
Hahahaha, padahal kursusnya belon dimulai.. hihihihihi

Anyway, sampailah hari pertama kursus menjahit yang ditunggu-tunggu.
Eh ternyata, Cuma acara perkenalan dan si ibu guru kasih kita daftar perlengkapan yang harus di beli.
Saya dan ipar bengong doang sambil cekikikan ngeliat barang-barang menjahit yang kita gak pernah tahu keberadaannya sebelumnya.
Berasa begooo anget deh.

Sampai ibu guru ngeluarin meteran baju, trus kita berdua liat-liatan sambil teriak penuh semangat dan kebahagiaan ‘Nah… itu kita tahu..!!’

Hihihi, taunya Cuma meteran baju doang! Hahahahaha

 

Beberapa hari kemudian, kita belanja ditemenin neneknya Jo buat beli segala macam jenis jarum jahit, jarum pentul, gunting bahan, kapur bahan, dan segala macam perlengkapan yang diperlukan.

Ih, mihil yeee ternyata. Inipun belon beli mesin jahitnya ! hiks.

Hari ke dua les, kita cuma diajarin cara masukin benang ke mesin jahit, dan jahit garis lurus (jadi pake kertas tulis).

Eh yaolooooooooooooooo, ternyata SUSAH bo jahit lurus. SUMPELOOOO !!!

Aslik, jahitan saya melehong kemana-mana.
Saya rasanya langsung pengen sungkem ama tukang jahit. Hebat bener sih kaliaaaaannn…
Ampe STRESS dan FRUSTRASI rasanya ngeliat jahitan saya yang gak lurus.
Belum lagi benang yang kusyutttt mulu atau gak bisa keluar dari bawah (entah apa istilahnya)
Pengen jambak-jambak rambut rasanya. Mendingan suruh belajar fisika lagi deh di SMA… ciyusss!

Langsung bawaannya pengen berhenti kursus, kalau gak inget udah bayar buat setahun plus ngeluarin duit yang lumayan buat belanja perlengkapan.  Hiks.

Hari ketiga les, saya madol karena males gak enak badan.
Hari keempat, saya mengejar ketinggalan dan walaupun hasilnya acak adul.. lumayan lahh… 
Hari ke lima.. jrenggggg kita udah dikasih proyek baru:
Bikin tatakan jarum pentul buat pergelangan tangan.

Kalau kemarin saya pikir njahit lurus itu susah, ternyata njahit LINGKARAN lebih susah lagi sodara-sodara.
Bokkkk… lingkaran gue jadinya kayak bola kepenyet begituhhh. Asli jelek banget.
Malu deh, udah mana yang lain jadinya keren-keren sementara punya saya.. ya gitu deh.
Hihihi…

Tapi apakah saya akan berhenti?
Tentu tidak…
Ini, lagi ngerayu Jo minta beliin mesin jahit.. huahahhaa

Doakan saya yah temen-temen..
Siapa tahu setelah didoain, besok jaitnya jadi lebih rapih🙂

10 comments on “Mari Menjahit!

  1. lulu
    October 4, 2012

    semangat mbak! tar kalau sukses bkn bj neng, pajang dimari yah! sueneng bkn kepalang deh!

  2. Novi
    October 4, 2012

    kalo uda bisa jahit jangan merebut ladang pekerjaanku yahhh (hahahaha becanda lho aku), kalo uda bisa jahit ayo jahit sama2

    • fanhar
      October 5, 2012

      wah lo bisa jahit ya Nov? hebat ih.. ajarin donggggggggg :))

  3. Ivo
    October 4, 2012

    Foto dong, hasilnya heheheheh.

    • fanhar
      October 5, 2012

      Hi Ivo, apa kabar?
      iya pasti nanti dipajang (kalau gak malu) hahahaha…

      • Ivo
        October 11, 2012

        Baik Fan, baru abis ribet pindahan, hehe. Pengen euy, belajar jait juga, ini cuma bisa hem rok, dan karena putus asa pake jarum jahit plus benang, akhirnya pake double tape khusus buat kain deh ahahaha

        • fanhar
          October 11, 2012

          Nah, itu kayaknya ide bagus tuh. Pke double tape:))

  4. otty
    October 8, 2012

    Yak gue pun tiba2 pengen minta kado mesin jait karena: pengen jait tatakan iler buat Ergo. Sungguh cetek dan harga mesin jait terlalu mahal kalo cuma dipake jait tatakan iler.

    Akhirnya rencana itu batal dan gue mo ngasih bahan ke tukang jait aja, lagian ongkos jait tatakan iler paling cuma berapa sih #JKOS

    • fanhar
      October 9, 2012

      loh, justru JKOS beli mesin jahit cuma buat bikin tatakan iler Ty! begitu jd langsung buang mesin jahitnya.. baru itu namanya ORKAY! hihihi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on October 4, 2012 by in bla bla bla, In Belgium.

Archives

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

%d bloggers like this: