Four Seasons In Belgium

by fanny hartanti

i luvvvvvv peru!
Gak kayak Ecuador.. Peru cantik banget dan banyak mengingatkan saya sama Indonesia.
Makanannya pun enyak enyaaaaakkk… yummm!!
Malahan saya sempet bilang ke temen saya, how could 2 countries that are thousands of miles apart can be so similar?
Perpaduan antara modernisasi negara berkembang dan kecantikan alam, fisik orang-orangnya, makanannya, semuanya deh!
Kalau kamu mikir orang-orang Amerika Latin itu secakep Maria Mercedes semua, salah euy.. malah di ecuador atau peru, yang mirip orang indo pun banyak!!!
Bahkan kolega saya bilang ‘dont worry fan, you’ll blend in nicely here. they’ll think you’re a local”

🙂

ok,mari sekarang cerita kronologisnya yah..

Day 1
Jadi saya nyampe di Lima (ibukota Peru) hari minggu pagi, setelah 2 jam-an penerbangan dari Guayaquil. Sampai sana saya dijemput di airport (pake mas-mas berpapan nama!) terus dianter ke hotel. di sana saya istirahat sebentar terus dijemput sama kolega saya orang Peru. trus kita lunch (salad + ayam panggang yang enakkkk banget plus minuman berwarna ungu bernama chicha morada – minuman khas yang terbuat dari jagung ungu), lanjut jalan-jalan di Kenedy Park trus naik tour bus mengitari MiraFlores.
kalau kamu ke Lima, saya saranin cari hotel di daerah MiraFlores deh.. i love love love this area so muchhhh.. hip, banyak toko, ada taman, banyak resto dan kafe, tempat belanja, dannnnnn deket laut!!! kamu bahkan bisa belajar surfing atau paragliding di sini!
Oya.. satu lagi, jadi di cliffnya itu ada park yang panjanggggg banget (termasuk Love Park). Dan di park ini kalau sore banyak muda-mudi jalan-jalan sambil pacaran.. hahaha
Terus ada juga taman-taman buat olah raga, buat playground.. pokoknya enak banget deh!
Hitsnya adalah Larcomar, shopping centre di cliff dengan pemandangan keren dan asyik buat nongkrong karena ada bowling alley, restos dan cafes, bioskop..
pokoknya begitu liat tempat ini, aku gak mau pulannnggg (tadinya kunjunganke peru mo dipersingkat tapi besokannya langsung telpon pakbos gak jadi ganti tiket.. hahahaha)

love park, di tandai dengan patung orang ciuman.. hahaha

Larcomar, shopping centre dengan pemandangan spectacular !!!

Liat gak, mbak-mbak dan mas-masnya olah raga di taman?

mayan yah.. gym gratisan!!!

Habis bustour saya pulang ke hotel trus mandi terus pergi lagi buat dinner di Madame Tusang.. resto China yang enaaaakkkk bangettt. Makan dimsum, dan makanan cina sama salah seorang mas kumpeni yang lagi tugas 2 bulan di peru dan mbak peruvian. yayyy!!

Day 2
saya bangun jam 3 pagi buat nelpon pak bos, konfirmasi kalau saya gak jadi pulan cepet.. hahah.. betahhh booo!
habis itu jam 4 pagi saya ke bandara buat terbang ke Piura berdua sama kolega saya yang orang Peru. Penerbangan jam 06.00, sampai di Piura sekitar 07.30. Gak lama kami dijemput terus naik mobil ke Paita (30-40 menit).
Di jalan saya melihat… bajaj!!! oya, jadi inget kalau saya juga liat toko bajaj pas perjalanan dari airport ke hotel pas di Lima.

Bajaj!!!!

setelah meeting dan meeting dan meeting, saya ditraktir luch sama client. kami makan di resto kecil di pinggir pantai dan saya ditawarin nyoba ceviche, makanan khas yang banyak ditemui di amerika latin.. tadinya saya gak berani nyoba, tapi akhirnya nekat juga.. dan ternyata enakkkkkkk bangetttttt! jadi ceviche itu adalah ikan mentah segar yang dipotong kecil-kecil, dihidangkan dengan perasan lemon (lemon banyak sekali ditemukan dihidangan Peru), irisan coriander dan cabe merah.. nyammm!! tapi saat itu ceviche yang dipesan khusus, jadi ada ceviche standar (dengan jeruk nipis dan koriander/cabe), ceviche dengan saus paprika, ceviche mayo, dan ceviche dengan saus kuning (gak tau apa, mungkin curry?). sumpahhh.. aku ketagihan..
kenyang makan ceviche, hidangan utamanya Paella.. yang buat saya lebih enak dari paella asli spai (gak seberminyak dan benyek paella beneran).. Pokoknya siang itu saya bahagiaaaa..

ceviche 4 rasa (lupa namanya.. tapi enyaaak)!!

Malamnya kami balik lagi ke Lima, terus saya langsung bobo..

Day 3
Hari ini Peru libur (Belgia juga).. hari buruh soalnya!
Jadi sepagian saya telponan sama Jo dan AL, terus bebaringan.
Mas Kumpeni janji jemput saya makan siang tapi ditungguin gak dateng-dateng, saya curiga dia keboboan. akhirnya saya nekat jalan sendiri.. trus nemu masakan fast food cina… yang enyaaaak…. (nasgornya kayak nasgor GM)
Gak lama mas kumpeni nelpon minta maap tapi saya bilang dont worry.. i’m ok.. (kenyang booo makanya bahagia). Abis itu saya …belanja!!! Mas kumpeni nelpon lagi mo jemput saya bilang gak usahhhhhhh… ganggu aja orang saya lagi belanja! hahaha
Malemnya akhirnya saya ketemu sama mas kumpeni dan mbak peruvian terus kita bus tour lagi keliling Lima trus sempet liat pertunjukan air mancur juga di satu taman yang punya banyaaaak airmancur.
Jadi yah, Lima ini karena dulu jajahan spanyol, bangunannya jadi banyak yang kayak bangunan eropa. bener-bener perpaduan yang ngingetin saya ama Indo dan europe… nih yahh foto fotonya (maap kabur)

Day 4
Saya ke kantor Lima, tapi ternyata sistem kantor hari itu gak bisa diakses, jadi pas jam makan siang kita cabut bertiga, lunch, lagi lagi saya minta ceviche.. hehehe
oya, makan siangnya dihiasi pemandangan begini…sorenya saya istirahat ke hotel dan malemnya saya diundang ke resepsi di kedutaan belanda, lanjut dengan pesta di kafe milik orang belanda (haduuuh jauh jauh terbang menghindari kumpeni kenapa malah diundang ke sarangnya.. hihi)
Kebetulan banget, saya bawa 2 dress orensss… hihihi.. mas kumpeni pun senang!!

Peruvian dance @ the Netherlands embassy

Day 5
Saya check out dan dijemput di hotel sama seorang klient, terus bareng mas kumpeni ke kantor si klient. di sana meeting dulu sekalian lunch. jadi ternyata mereka punya semacam board dinning room dengan chef pribadi gitu. buat appetizer saya disuguhin kentang rebus dengan saus hijau.. enak banget deh! terus makanan utamanya.. jreng jreng.. katanya khas peruvian nih… nasi putih, ikan goreng, dan oseng-oseng sayuran….. enakkkkkk!!!! hahaha indonesia banget yahhh.. cuman kurang sambel dan kerupuk!!!
Makan pun ditutup dengan dessert strawberry tart.. abis meeting saya dianter ke airport buat terbang ke belgia! yayyyy

di airport, saya tergoda buat nyicipin pisco sour, minuman khas peru…
and then.. i flew back home!

5 comments on “5

1. Pingback: negeri pisang | Four Seasons in Belgium

2. seerika
    May 12, 2012

woowww….Fanny! Gue jadi naksir sama Peru gara-gara tulisan lo ini, padahal sebelumnya gak tau apa2 ttg negara itu, tertarik ke sana pun gak.

Itu makanannya kok kayanya cucok sekali dengan lidah ane. Gue gak gitu suka sama makanan Spanyol tapi di Peru ini kayanya pas banget perpaduannya…makanan ala-ala espana tapi ditambahin cabe2an dan koriander….ngecessss

• fanhar
      May 14, 2012

enaakkk makanannya.. kotanya juga cantik.
      itu gue belum ke daerah pegunungan dan machu pichu aja udah terpesona. sampe pengen ke sana lagi buat liburan.. tapi jauh.. mending ke asia kali deh..