Four Seasons In Belgium

by fanny hartanti

Belgie in rouw

20120317-115920.jpg

(image from knack.be)

… Atau kalau bahasa indonya, Belgia berkabung…

Beberapa hari ini, memang Belgia lagi berduka cita.
Rabu 14 maret pagi kemarin, ada kecelakaan bus yang menewaskan 28 orang. 22 diantaranya anak anak berusia 12 tahun. Kecelakaan terjadi di Swiss ketika anak anak dan beberapa guru pendamping mereka dalam perjalanan pulang dari liburan main ski.

Pertama denger berita itu, saya lagi dalam perjalanan menuju kantor. Saat itu kecelakaan belum lama terjadi, dan para ortu baru dikumpulkan untuk diterbangkan ke Swiss bersama sama. Saya nggak bisa bayangin gimana rasanya saat itu. Di saat sekitar 50 mama papa yang dikabarkankan anaknya kecelakaan di luar negeri saat darmawisata, dan setengah dari isi bis meninggal sisanya luka (parah). Saat itu belum ada nama konfirmasi siapa yang meninggal dunia. Hanya ada kalimat ’22 anak meninggal dunia’. My heart goes to them.

Setelahnya, saya berusaha menghindari berita berita tentang kecelakaan ini. Trrlalu menyedihkan!
Walaupun gak gampang juga buat sok gak mau tau karena di setiap sudut semua orang ngomongin tentang ini. Belum lagi di radio, tv dsb. Belgie itu negara kecil yang adem ayem. Jadi berita begini -apalagi korbannya anak anak- jadi heboh banget.
Ada yang cerita 15 anak dalam satu kelas meninggal. Gurunya pun meninggal. Jadi cuma tersisa 7 yg masih hidup. gak bisa bayangin gimana traumatisnya para survivors. Tapi saya yakin, pihak sekolah/pemerintah akan mengadakan kounseling. Buat anak anak yang masih hidup, keluarga yang ditinggalkan, guru guru, dsb. Semoga bisa membantu mereka melewati mimpi buruk ini.

Hari ini, pukul 11 siang waktu belgia, diadakan mengheningkan cipta nasional.
Sehari sebelumnya, saya dapat email pemberitahuan dari sekolah al kalau mereka juga akan ikut dalam aksi ini.
Sayapun mencoba ‘menyiapkan’ alyssa kemarin, tapi ternyata dia sudah tahu karena nonton warta berita khusus anak anak. Untung, kayaknya dia gak ikut kebawa sedih yang berlebihan.

Dan hari ini, sekitar jam 09.30, CEO di kantor kirim email kalau jam 11 kami juga harus berkumpul di ruang makan untuk mengheningkan cipta bersama. Kata kata di email dia bagusssssss banget. Saya ampe hampir mewek ngebacanya. Pas saya bilang ama mas kumpeni yang duduk di sebelah, dia sok sibuk baca email gak mau mandang saya. I think,he was trying to hide his own tears😛 soalnya dia bapak 3 anak.. Huhuhu..
Beda yah kalau udah punya anak? sedihnya berlipat lipat kalau dengar berita buruk yang korbannnya anak kecil😦

Jadilah jam sebelas kami berkumpul untuk berdiam sejenak selama satu menit in honour of those kids and their families. I just hope it happened so fast. No pain for them. And may they rest in peace, dan keluarganya di beri kekuatan.

So, hari ini jam sebelas almost everyone in belgium stop still for a minute.
Kantor saya, sekolah (bahkan anak anak tk di sekolah omanya alyssa pun bisa lo bener bener diem 1 menit. So sweeeeet!!!), di toko/mal, bahkan di penjara pun, semua berdiam dirisejenak. Selama satu menit. Beberapa hari ini juga banyak acara tv/radio yang diundur atau dibatalin, in order to respect the victim’s families.

Nah, pada saat kami berkumpul bersama,di kantor itu saya lihat satu kolega saya. Seorang mas kumpeni, yang divonis sakit sekitar 2 tahun lalu, saat anaknya masih bayi. Dia punya penyakit genetik yang bikin tubuhnya lumpuh perlahan. Kakak adiknya udah meninggal karena penyakit ini. Dan saat liat dia pagi ini, keliatan kalau tangannya udah gak berfungsi dengan baik, dan wajahnya kuyuuuu gitu. Again, my heart sinked. Sediiiihhhh banget.
Kebayang gak sih, kalau umurmu udah ‘dibatesin’. Kalau ngeliat, perlahan lahan anggota badanmu gak berfungsi.. Kalau kamu tahu, sebentar lagi bakal ninggalin anakmu yang masih kecil, partermu, semuanya.. Kalau kamu gak bisa gendong atau kejar kejaran sama si kecil.
Haduuuh saya gak bisa bayangin.

Entah kenapa, hari ini saya seperti di’bombardir’ dengan begitu banyak kenyataan sedih didepan saya. Pagi ini saya juga denger kabar tentang seorang wanita yang baru ditinggal ‘pergi’ suaminya. Mana mbak itu punya anak dan sekarang lagi hamil anak kedua.😦

Trus ada satu lagi kabar yang juga bikin sedih tentang seseorang tapi gak bisa saya share di sini.

Semua ini bikin saya seperti diingetin, betapa fragilenya hidup ini.
Atau kalau kata bapak bos saya bilang, betapa hidup seseorang bisa tiba tiba berhenti berputar seketika. Mama papa yang melepas kepergian putra putri mereka tanpa menyadari itulah saat terakhir mereka bersama… Anak anak yang bermain bersama teman temannya, melempari para guru pembimbing dengan bola salju sambil tertawa tawa tanpa tahu itu adalah liburan terakhir mereka…

Saya sedih.
Saya ingin menangis.
Tapi di satu sisi, saya semakin menyadari betapa beruntungnya saya.
Masih diberi kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama orang orang yang saya cintai.
At the end of the day, that’s all what really matter, right?

Let’s embrace life!

5 comments on “Belgie in rouw

  1. itha meijers
    March 17, 2012

    Selama ini jadi pembaca setia blog mbak, ini kali pertama gue comment.

    Mewek gue pas dengar beritanya + tmbh mewek lagi habis baca yg mbak tulis diatas…

    *runpelukdanciummylittlefamily*

    • fanhar
      March 17, 2012

      Iya itha sedih banget yah.😦

    • fanhar
      March 17, 2012

      Iya itha sedihhhh banget ya.. . Tapi Kematian bikin kita jadi makin menghargai kehidupan..

  2. Ini_dhita
    March 17, 2012

    Fanny
    Sedih amatttt :__(
    Ikut berdoa smoga para ortu yg kehilangan bs tabah ya :(( ga kebayang perasaan nya

    • fanhar
      March 17, 2012

      Amiiinn Dhit. Semoga keluarga dan anak anak yg selamat diberi kekuatan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 16, 2012 by in In Belgium, thinking.

Archives

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

%d bloggers like this: