Four Seasons In Belgium

by fanny hartanti

Nyalon di Belgia

Kalau dulu pas tinggal di Indonesia saya hobi banget ke salon buat sekedar facial, luluran, creambath, meni-pedi apalah.. semenjak tinggal di Belgia, semua itu tinggal sejarah belaka.
Sakit hati bo, bayarnya!
Apalagi, kalau saya bilang, salon di sini stylistnya gak sejago dan kreatif kayak stylist di Jakarta. Maleskan, bayar yang jauuuuh lebih mahal, tapi hasilnya gitu-gitu aja. Kalau bayar rada mahal tapi bisa bikin idung mancungan sih gak papa.. hihi!!

Bahkan untuk sekedar potong rambut pun, saya suka mikir dulu seribu kali sebelum memantabkan hati berangkat ke salon. Tapi atas nama prinsip (yang berbunyi: percuma cakep tapi gak punya duit dan percuma punya duit tapi gak cakep); saya harus pintar-pintar mengatur strategi sehingga saya & keluarga bisa tetep tampil cakep tapi tetep punya duit. Karena itulah, setelah melakukan riset mendalam saya mencanangkan kalau ada 4 tipe salon yang bisa saya kunjungi di Belgia:

1. Salon Favorit
Ada satu salon favorit saya di deket rumah. Beberapa kali saya ke sini buat potong rambut, hasilnya dijamin oke. Selalu sukses dan bikin saya merasa tambah cakeup. Tapiiiiiiiii… harganya bikin sesek napas!!!  Beneran deh. Kalau dibandingin sama salon di Jakarta, dengan harga yg sama di sana, kamu udah dapat potong rambut, plus cat,  plus creambath, plus reflexi, plus meni-pedi, plus luluran, plus batagor, plus teh botol, plus plus plus, BERDUA sahabat kamu!
Makanya, saya jaraaaang ke salon ini, kecuali saya bener-bener mau perubahan drastis di mana saya harus haqul yakin stylistnya ngerti dan bisa bikin sesuai apa mau saya.

2. Salon Langganan.
Memang Tuhan maha baik. Beberapa tahun yang lalu saat rambut saya udah nyaris gimbal karena gak rela pergi ke salon mahal, saya melihat satu salon yang mengadakan promosi setiap Senin-Kamis. Salon ini menawarkan jasa potong rambut setengah harga dari salon langganan saya. Yay!!!
But, just like any other thing in life, there is also a catch!
Gak pake acara di blow sesudahnya, cuma dikeringin (setengah) pakai hair dryer.
Tapi  gak papa lahhh…. yang penting bisa irit… hihi
Udah gitu, karena harga spesialnya cuma senin-kamis, saya harus mengalokasikan waktu khusus buat ke sini (halah). Dulu, waktu saya masih kerja full time, saya sampai bela-belain abil cuti demi agar supaya bisa ke sini pas jam promosi.. heuheheuheheu..
Oh yah, satu lagi, walaupun harganya ‘murah’,  tapi tetep -kalau dibandingin ama Jakarta- saya masih rada sakit hati. Kalau di Indo, dengan duit segitu, saya udah bisa potong rambut di salon-salon yang rada mentereng plus blow ala bintang sinetron.. Di sini? keluar salon, dengan rambut terpangkas tapi tetep lepek..hiks

3. Salon Panggilan
Emang segala sesuatu kalau diniatin itu Insya Allah selalu ada jalan keluarnya.. Saking niatnya cari yang murah meriah, berbagai informasi alternatif pun menghampiri saya. Salah satunya, dari keluarga Jo sendiri, yang ternyata sering panggil stylist ke rumah. Di sini, memang banyak stylist yang menerima panggilan langsung ke rumah. Mungkin karena mereka pengen usaha sendiri tapi gak mau buka salon karena butuh modal yang besar banget.
Anyway, saya pernah sekali panggil stylist dateng ke rumah. Harganya, pastinya lebih murah dari salon favorit dan salon langganan yang saya sebut di atas.
Tapi…
Lagi-lagi ada tapinya :))
Saya mesti cuci rambut sendiri, plus selesai potong rambut… ya nyapu dan beberes sendiri!!! Hahahaaha..
Jadi habis potong, si stylist melenggang pergi meninggalkan saya dengan rambut lepek, potongan rambut di atas lantai, dan handuk kotor untuk dicuci…
Meh!

4. Salon a la Fanny
Udah beberapa tahun ini, saya punya profesi tambahan sebagai tukang cukur rambut kangmasbul dan poni neng Alyssa.
Gara-garanya, tetap dengan mengobarkan semangat pengiritan, saya suka gak rela kalau liat Jo bayar jasa potong rambut dia dulu. Ih… mahal banget (ngitung biaya pertahun), mana modelnya gitu-gitu doang. Kalau kami tinggal di Indo mah, si Jo udah saya seret aja deh ke barbershop murmer yang buka cabang di bawah puun beringin di pengkolan depan rumah. Paling 5 rebu, udah pake dipijet + ngasih tips si bapak pencukur. Lah di sini????
Karena itu, saya kasih proposal ke Jo, lengkap dengan estimasi berapa jumlah uang yang bisa dia hemat kalau membiarkan saya yang jadi tukang cukurnya.

Dan… Jo menolak proposal saya mentah-mentah!!!!

Tapi bukan Fanny namanya kalau saya menyerah begitu aja. Setelah membujuk (kalau yang potong rambut istri sendiri, potongnya pakai CINTA), meratap (pleaseeee.. liat berapa duit yang tersisa, kan lumayan buat jjs sama anak istri tercinta) dan mengancam (kalau gak bolehin potong rambut artinya GAK SAYANG!!!) akhirnya Jo manut juga. Dia membiarkan saya potong rambutnya.
Hasilnya? Walaupun diwarnai dengan beberapa ‘Ooops-moments’ yang bikin pitak dibagian tertentu dan  insiden kuping kegunting dikiiiit …. kangmasbul tetep ganteng kokkkkk!!!🙂

Oya, salon a la fanny sempat mogok kerja beberapa bulan tahun ini.
Alasannya, saya iri karena Jo bisa berhemat duit potong rambut, sementara saya gak bisa dan harus tetep bayar mahal…
Kangmasbul menawarkan solusi: dia yang akan gantian potong rambut saya gratis.
Errr…Ogaaaahhhhh dehhhh…
Hihihihi..

Yah, begitulah sodara sodara.
Cerita suka duka nyalon di Belgia buat saya.
Sekian dan terimakasih *kibasrambutgimbal*
 

7 comments on “Nyalon di Belgia

  1. Anonymous
    November 25, 2011

    aduh mbak Fanny…salam kenal yah…..aku sering kepingkel2 baca blognya….apalagi liat neng Al yang manis, pintar, cerdas dan bintang sinetron itu.aku, biar di Indonesia juga potong rambut sendiri….habisnya suka gak sabaran…liat diri gak sedap langsung ambil gunting.dan anakku juga langganan di salon aku….dia agak takut sama alat cukur mbak salon…aku dah baca novel perdananya…..belum baca aja udah seneng karena liat yang komen dian sastro. kapan2 beli yang lainnya….

  2. fanny
    November 25, 2011

    Hi Anonymous,salam kenal juga, namanya siapa???makasih udah beli buku aku.. moga2 suka yah🙂

  3. Sidta
    November 28, 2011

    yang tabah ya Om Jo & neng Al … *kabursebelum rambutnyadiguntingjuga*

  4. Fanny
    December 2, 2011

    *kejarSidtasambilbawagunting*

  5. astrid
    December 7, 2011

    Fan…emang parah ya nyalon di negara bule =D mahalnya keterlaluaaan….dulu andalan gue di belanda adalah orang indo kenalan di KBRI yang nyambi jadi tukang salon. hihihi!!!

  6. bebe
    December 13, 2011

    Halo mba, salam kenal..Aku juga kalau mau potong rambut disini biasanya sekalian pendek..Abis ga kuat kalo cuma buat ngerapihin aja. Itu pun harus nabung2 dulu dan berusaha amnesia sama harga salon di Jakarta. Kalo ga gitu sakit ati bangeeet..😀

  7. Fanny
    December 13, 2011

    Halo Bebe..nah iya itu bener, potong sekalian pendek. aku pernah sok cuma mo ngerapiin.. hasilnya, udah bayar mahal, gak ada yang ngeh dengan potongan rambut baru… huaaaa *bantingkaca*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on November 23, 2011 by in bla bla bla.

Archives

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

%d bloggers like this: